5 Alasan Lebih Untung Beli Rumah Bekas

Harga rumah baru mahal. Walau sudah ambil angsuran KPR, dana yang terkumpul juga belum juga memenuhi untuk mempunyai tempat tinggal di dalam kota. Alternatifnya, kamu dapat beli rumah bekas. Tapi mungkin kamu masih bertanya lebih baik membeli rumah baru atau bekastips membeli rumah bekas? Yuk disimak dulu..

Lahan tanah di Ibu Kota makin sempit, sementara keperluan tempat tinggal selalu bertambah setiap tahun. Hal semacam ini membuat harga tanah dan property, termasuk juga rumah, semakin mahal. Akhirnya, warga yang disulitkan untuk membuat rumah baru

Jika kamu tengah berencana mempunyai rumah, tak ada kelirunya memperhitungkan beli rumah bekas yang berada di wilayah perkotaan! Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dari beli rumah bekas. Sudah pasti harga yang di tawarkan juga jauh lebih murah.

Rumah Siap Huni

Kamu tidak akan menunggu lama untuk menempati tempat tinggal. Sebab, sang pemilik lama biasanya sudah siap melepas rumahnya ketika pembayaran usai dan serah terima berkas perjanjian di tandatangani.

Keadaan ini sangat berlainan saat kamu beli rumah baru dari pengembang yang umumnya mengusung cara indent dan clustering. Dengan cara ini, sistem pembangunan rumah baru akan ditangani jika sudah menjangkau nilai ekonomis dari bagian pengembang.

Kondisi ini agak berisiko dan dapat menyebabkan waktu tunggu kamu jadi bertambah lama kamu jika pengembang belum juga peroleh keuntungannya.

Harga Fleksibel

Penetapan harga rumah bekas umumnya lebih transparan, karna didasarkan pada harga market di lingkungan itu. Diluar itu, bila pemilik lama memerlukan uang dengan cepat, kamu dapat bernegosiasi sesuai dengan kekuatan finansial kamu.

Kelebihan itu susah kamu peroleh jika mengincar cluster atau apartemen baru dari pengembang. Harga yang dipakai adalah standard tetap sesuai spesifikasi property yang di jual.

Pajak Bangunan Lebih Murah

Nilai pajak dari rumah bekas umumnya lebih murah dibanding dengan nilai rumah baru. Hal itu dikarenakan nilai bangunan dari rumah bekas sudah alami depresiasi, hingga nilainya tidak sebesar saat baru dibangun.

Nilai bangunan ini akan berpengaruh pada nilai jual objek pajak sebagai dasar penghitungan pajak bumi dan bangunan.

Fasilitas Lingkungan Lengkap

Beli satu rumah bukan sekedar membeli bentuk fisiknya saja, namun kamu harus juga mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar.

Perumahan baru umumnya bermasalah dengan pengelolaan kegiatan sosial karna pihak pengembang umumnya cuma membatasi kewajiban mereka sampai perumahan jadi. Sedangkan untuk kelengkapan dan kesibukan sosial seutuhnya diserahkan pada warga yang menempati perumahan itu.

Lain perihal jika kamu beli tempat tinggal sebagai tangan kedua. Kamu dapat mencari perumahan dengan keadaan sosial yang baik, plus dilengkapi sarana umum, piranti lingkungan dan sistem keamanan yang terbangun.

Lebih Gampang Dapat Pinjaman KPR

Dalam segi pembiayaan, kamu semakin lebih mudah memperoleh credit pemilikan rumah untuk beli property bekas di banding yang baru. Sebab, rumah bekas sudah mempunyai bentuk fisik, kepemilikan, dan harga yang pasti.

Tiga segi itu jadi aspek terpenting yang diperhitungkan oleh pihak bank dalam mengkalkulasi jumlah utang untuk diberi pada nasabah.

Untuk perumahan baru, sarana credit cuma diberi pada perumahan dari pengembang yang sudah bekerja bersama dengan bank tertentu. Jika pengembang kamu belum juga bekerja sama, jadi kamu sendirilah yang perlu mencari bank yang menginginkan memberi sarana itu.

Langkah lain yang bisa kamu kerjakan untuk menangani problem itu yaitu dengan memakai credit tanpa agunan. Pemakaian KTA memberi kamu alternatif dalam memperoleh utang tunai untuk memenuhi keperluan modal beli rumah.

Dengan beragam kelebihan itu, tentunya beli rumah bekas dapat jadi satu jalan keluar untuk kamu yang sekarang ini punya niat untuk memiliki properti pribadi. Tidaklah perlu gengsi! Cocokkan keperluan papan kamu dengan keadaan finansial supaya tidak jadi beban keuangan kamu dan keluarga.


BERIKAN KOMENTAR