5 Tips Menjalankan Strategi Word of Mouth dengan Baik

Pernahkah Kamu mendengar atau lihat rekan atau kerabat Kamu mempromosikan satu produk? Dalam dunia pemasaran, hal semacam ini biasa dimaksud word of mouth. Word of mouth dalam ilmu pemasaran atau marketing adalah satu komunikasi mengenai produk dan jasa pada beberapa orang yang dipandang independen dari perusahaan yang sediakan produk atau jasa, dalam medium yang akan dianggap independen dari perusahaan. Menurut George Silverman dalam bukunya, The Secret of WOM Marketing, komunikasi WOM dapat berupa percakapan atau testimonial seperti berbicara langsung, melalui telepon, e-mail, daftar group, atau fasilitas komunikasi yang lain.

Di masa digital seperti sekarang ini, strategi WOM dapat juga dijalankan lewat e-mail, situs, ataupun social media. Umpamanya, seorang beli satu produk makanan lewat market place A, jika senang dengan produk dan servicenya, ia akan memberi review dan testimoni lewat market place itu. Otomatis, ia telah lakukan strategi word of mouth.

Strategi pemasaran yang satu ini lebih tampak sederhana dan tidak memerlukan biaya yang besar, tetapi mempunyai tingkat efisien yang cukup besar. Strategi ini begitu pas dipakai di Indonesia, karna umumnya orang Indonesia suka bersosialisasi dan berkumpul dengan beberapa rekannya. Banyak dari mereka juga mempunyai rutinitas untuk bertanya ke rekan terdekatnya mengenai satu produk sebelum melakukan pembelian. Jika rekannya bilang produk A tambah baik, mereka akan dengan mudahnya percaya. Inilah yang buat strategi word of mouth masih tetap jalan sampai saat ini. Lantas bagaimana langkahnya produk atau merk yang menginginkan Kamu memasarkan dapat memperoleh word of mouth positif? Ikuti sebagian tips strategi word of mouth berikut ini.

Berikan Layanan Terbaik

Dengan memberi service paling baik, Kamu tidak perlu cemas ditinggalkan pelanggan, karna dengan service yang baik pelanggan akan lebih terasa nyaman, hingga bisa buat mereka lebih loyal. Tidak cuma itu, dengan tingkat kepuasan yang tinggi pada service yang Kamu jual, pelanggan akan bersedia merekomendasikan usaha dan produk Kamu ke teman, keluarga, ataupun rekanan kerja. Untuk memberi service terbaik pada pelanggan, Kamu mesti memperlakukan mereka dengan baik, hormat, sopan, dan empati. Coba dengarkan apa yang mereka kehendaki dan apa yg tidak mereka kehendaki. Setelah Kamu ketahui hal itu, coba memberikan jalan keluar paling baik untuk mereka. Misalnya jika Kamu jual produk kosmetik, Kamu bisa memberi referensi produk kosmetik yang pas sesuai sama keperluan mereka.

Sediakan Media Komunikasi yang Mudah

Kadang-kadang ada beberapa pelanggan yang ingin bertanya suatu hal mengenai produk yang Kamu jual, atau barangkali ingin lakukan komplain pada produk yang Kamu jual. Oleh sebab itu, untuk memperoleh word of mouth, Kamu mesti menyiapkan satu media jadi alat komunikasi pada perusahaan dan pelanggan. Dengan media itu, pelanggan bisa menceritakan semuanya yang diperlukan atau mengemukakan semuanya komplain mereka, dan Kamu bisa segera merampungkan problem itu tanpa memerlukan banyaknya waktu.

Dapatkan Testimoni Pelanggan

Untuk memperoleh word of mouth positif, cara setelah itu adalah meminta pelanggan untuk lakukan review dan memberi testimoni positif pada produk. Kamu bisa meminta pelanggan yang senang untuk memberi pernyataan tertulis, atau buat video singkat tentang kepuasan mereka pada produk yang Kamu jual. Kamu dapat juga memberi sedikit reward untuk mereka yang ingin memberi testimoni, umpamanya memberi potongan harga dipembelian selanjutnya. Setelah memperoleh testimoni, Kamu bisa meng-upload testimoni tersebut di social media, situs, dan media yang lain.

Libatkan Pelanggan di Social Media

Social media adalah salah satu media yang tengah disukai banyak orang dan jadi salah satu kesempatan untuk entrepreneur yang ingin mempromosikan bisnisnya. Dengan mempunyai social media, Kamu tidak cuma dapat mempromosikan produk, tapi juga bisa lebih gampang mengetahui hasrat pelanggan. Dalam menggunakan social media, coba sebisa mungkin melibatkan pelanggan, umpamanya mem-posting photo mereka yang tengah memakai produk Kamu. Janganlah lupa untuk mention dan men-tag mereka dan katakan terima kasih atas kepercayaan mereka memakai produk Kamu. Dengan begitu, mereka akan merasa suka dan bangga karna sudah menggunakan produk yang Kamu jual.

Miliki Key Opinion Leader

Apa itu Key Opinion Leader? KOL atau key opinion leader adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk merubah satu ketentuan. Sampai sekarang ini, KOL banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan untuk menolong strategi pemasaran dari mulut ke mulut. KOL ini biasanya akan lebih didengar oleh khalayak umum, karna mereka dipandang orang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman lebih. KOL biasanya dipakai perusahaan untuk melakukan review atau memberi testimoni pada produk yang di jual lewat social media, terutama Instagram. KOL adalah salah satu aset penting untuk perusahaan, dimana jadi pengusaha Kamu harus memikirkan baik-baik siapa orang yang pas jadi opinion leader produk Kamu. Jika Kamu pilih KOL yang pas, strategi word of mouth Kamu akan jalan dengan baik.


BERIKAN KOMENTAR