Masih Mau Curhat Di SosMed? Kita Mesti Pinter Menggunakan Sosial Media Lho, Ini Alasannya..

Tak dapat dipungkiri kalau sekarang ini sosial media sudah jadi sebuah dunia yang tercipta untuk manusia berinteraksi lintas batas dan waktu. Biasanya, selain jadi ajang untuk menjalin komunikasi dengan berbagai jaringan yang ada, sosial media tanpa disadari sudah menjadi sebuah diary berjalan untuk penggunanya.

Celakanya jika dulu kita membuat catatan harian di buku yang ada kunci rahasianya, tidak dengan sosial media. Justru curahan hati kita dengan sengaja di buat untuk di baca sebanyak mungkin orang. Apa benar fenomena ini adalah fenomena normal akibat perputaran jaman saja? Apa ya kira-kira dampak buruk curhat di sosial media?

1Memicu perselisihan

Sudah banyak kasus seperti perceraian, permusuhan, bahkan tindakan kriminal yang dimulai dari sosial media. Ranah virtual yang dapat melahirkan multi persepsi bisa membuat kemungkinan ini semakin besar. Oleh karena itu hendaknya kita lebih bijak lagi untuk berceloteh.

2Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat

Bercerita hangat yang biasanya dilakukan dengan suami, keluarga, atau sahabat akhirnya beralih pada bercerita lepas di sosial media. Akhirnya mereka yang seharusnya mendapat porsi perhatian utama menjadi terabaikan. Keasyikan curhat di sosial media membuat hubungan menjadi jauh.

3Membuka aib diri sendiri dan orang lain

Tekad untuk berceloteh ringan dan bebas dengan gaya penulisan masing-masing terkadang pada akhirnya menggiring kita untuk membuka aib diri sendiri. Tak menutup peluang juga pada akhirnya kita dapat membuka aib pasangan, keluarga, sahabat, ataupun orang lain yg tidak kita kenal sekalipun.

4Mencari perhatian yang tidak tepat

Membuat status di sosial media baik sadar atau tidak memiliki tujuan untuk diperhatikan orang lain. Padahal tidak ada gunanya mendapat simpati dari orang lain. Hanya menjadi ajang memupuk rasa self esteem yang bisa berlebihan dan berakibat fatal.

5Memicu perilaku bergosip atau bergunjing

Curhat apalagi mengenai orang lain dapat membuat rasa penasaran untuk yang melihatnya. Jika sudah mulai muncul pertanyaan jadi jawaban dinanti oleh sekian banyak orang. Tanpa sadar muncul komentar yang membicarakan keburukan orang lain.

Hayo, apa kamu salah satu yang suka curhat di sosial media?

WHAT DO YOU THINK