Cara Aman dan Mudah Membuat Slime dangan Bahan yang Ada di Sekitar Kita

Cara Aman dan Mudah Membuat SlimeSebagian dari Kamu mungkin sudah sangat familiar dengan mainan yang biasa disebut slime. Teksturnya kenyal, lembut, dan agak lengket. Banyak yang bilang mainan ini mirip dengan clay atau lilin mainan, tapi tentu saja berbeda.

Jika dibandingkan dengan clay, slime bertekstur lebih cair, tetapi tidak membuat basah.

Cara Membuat Slime pelangiBagaimana cara membuat slime yang mudah dan aman? Pertanyaan itu mungkin sering Kamu lontarkan ketika melihat anak Kamu sibuk mencampurkan beberapa bahan dengan alasan sedang membuat slime. Sebenarnya apa itu slime?

Dalam bahasa Inggris, slime berarti lendir. Tapi saat ini slime lebih diartikan jadi salah satu mainan anak-anak yang mempunyai tekstur lembut dan kenyal. Slime sangat identik dengan acara penghargaan Kids Choice Awards.

Dalam acara Kids Choice Awards, biasanya para penerima penghargaan akan disiram dengan slime berwarna hijau. Walau terlihat menjijikkan namun slime yang digunakan dalam acara itu sebenarnya tidak berbau jadi aman jika terkena tubuh.

Saat ini slime tak lagi hanya digunakan saat acara Kids Choice Awards berlangsung. Slime bisa dijumpai di mana-mana karena cara membuat slime yang sangat mudah. Banyak juga toko mainan yang menjual slime dalam kemasan. Jadi tentu bukan hal aneh lagi jika Kamu menemukan anak-anak sedang memainkan slime. Tapi pertanyaannya, apakah slime dalam kemasan itu aman bagi anak-anak?

Jika Kamu meragukan keamanan slime yang di jual di pasaran, maka Kamu dapat membuatnya sendiri. Ada banyak cara membuat slime yang mudah dan aman, salah satunya dari sampo dan pasta gigi. Cara membuat slime dari shampo dan pasta gigi sangat mudah dilakukan sehingga anak-anak sendiri juga bisa mempraktekannya.

Jika anak Kamu ingin membuat slime sendiri, maka Kamu dapat mendampingi dan membantunya. Tapi sebelumnya ada baiknya jika Kamu mengetahui dulu apa manfaat slime bagi anak-anak.

Manfaat Slime

Cara membuat slime dan bermain dengan slime memang terkesan kotor. Tapi jangan salah, hal itu justru baik untuk anak-anak. Bermain dengan slime dapat melatih perkembangan psikologi dan motorik anak, loh. Bermain dengan slime juga adalah salah satu jenis permainan yang merangsang perkembangan sensorik.

Masih ada beberapa manfaat lain dari bermain slime. Berikut ini adalah manfaat dari permainan slime untuk anak anak.

1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Bermain slime secara tidak langsung memberikan tantangan pada anak-anak berupa cara mengatasi dan memecahkan masalah. Misalnya menemukan benda yang terkubur didalam slime. Hal itu akan melatih kepercayaan diri seorang anak.

2. Mengajarkan Pengendalian Diri

Bermain slime dapan memberi kegiatan pada anak-anak. Hal tersebut akan membantu mereka untuk mengatur pikiran dan perasaan mereka. Oleh karena itu ajarilah anak Kamu tentang cara membuat slime yang mudah dan aman untuk mereka.

3. Melatih Kerjasama

Untuk membuat sesuatu dengan slime, anak-anak dapat membuat grup bermain. Dengan begitu mereka dapat menjalin suatu kerjasama. Pasti hal semacam ini baik untuk mengembangkan kemampuan komunikasi verbal dan fisik seorang anak.

4. Meningkatkan Kreatifitas

Slime adalah salah satu permainan yang bisa meningkatkan kreatifitas seorang anak. Dengan slime, mereka dapat membuat apa pun sesuai dengan imajinasi mereka. Mislanya, mereka ingin membuat sebuah adonan kue dari slime.

5. Membentuk Keterampilan Fisik

Bermain menggunakan slime bisa melatih anak untuk mengembangkan keterampilan fisiknya. Dengan mempraktekkan cara membuat slime, anak-anak akan menjepit, mencetak adonan, dan membentuk adonan dengan menggunakan tangan. Hal ini sangat baik untuk pikiran dan tubuh anak-anak.

Cara Membuat Slime

Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji

Siapa sih yang tidak tahu tepung kanji. Salah satu tepung yang seringkali digunakan untuk bahan memasak ini dapat digunakan untuk membuat slime. Selain cara mendapatkan cukup mudah, tepung yang terbuat dari ketela pohon atau singkong ini harga nya juga sangat murah dan aman. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat slime sendiri. Berikut ini cara membuat slime dengan tepung kanji.

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 400 ml air bersih,
  • 2 gelas tepung kanji,
  • 2 sendok teh pewarna makanan (Warnanya sesuai yang diinginkan),
  • 150gr minyak goreng.

Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji :

  • Siapkan baskom untuk wadah mengolah bahan membuat slime.
  • Masukkan tepung kanji kedalam baskom.
  • Tambahkan air bersih berlahan-lahan sambil diaduk agar tepung tidak menggumpal.
  • Tambahkan minyak goreng kedalam adonan. Aduk sampai rata dan jika kurang cair, tambahkan lagi minyak gorengnya.
  • Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan slime sambil tetap diaduk sampai merata.
  • Masukkan slime kedalam plastik, lalu ikat dengan kuat.

Cara Membuat Slime dengan Sabun

Kamu pasti mempunyai persedian sabun dan deterjen di rumahkan? Nah, jika ada persediaan sabun dan deterjen dirumah, tak ada salahnya membuat slime menggunakan sabun dan deterjen. Cara membuat slime juga sangat mudah. Di bawah ini cara membuat slime dengan sabun.

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 1 gelas deterjen bubuk,
  • 1, 25 gelas air bersih,
  • Tepung terigu secukupnya,
  • 3 sdm sabun cuci piring cair,
  • 3sdm sabun cair anak,
  • 2 sdt pewarna makanan.

Cara Membuat Slime dengan Sabun :

  • Siapkan baskom untuk membuat slime.
  • Masukkan deterjen, tepung terigu, sabun cair pencuci piring, dan sabun cair anak. Lalu, aduk semua bahan itu hingga merata.
  • Tambahkan air bersih kedalam adonan sambil tetap diaduk.
  • Tambahkan pewarna makanan kedalam adonan slime. Jika kurang cair, tambahkan lagi air bersih kedalam adonan.
  • Letakkan adonan slime yang sudah di buat ke tempat yang tertutup. Lalu, masukkan ke dalam kulkas selama sekitar 10-15 menit.


BERIKAN KOMENTAR