Untuk Para Karyawan, Ini Cara Mengelola Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

cara mengelola pekerjaan sampinganSetiap orang tentu bahagia kalau memiliki pekerjaan sampingan. Selain menambah pendapatan, pekerjaan sampingan bisa juga mengasah kemampuan kamu lainnya. Sebenarnya menerima pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama sah sah saja asalkan kamu bisa mengelola waktu pekerjaan sampingan, memenuhi etika dan kriteria. Jangan sampai asik dengan pekerjaan sampingan malah membuat kamu melupakan pekerjaan utama kamu.

Freeners, berikut adalah cara mengelola pekerjaan sampingan yang perlu kamu penuhi kalau mau menerima tawaran pekerjaan sampingan diluar pekerjaan utama :

1. Pelajari Kontrak yang Diberi Padamu

Pelajari kontrak yang ada di kantor pekerjaan utama kamu. Pastikan bahwa tidak adanya larangan kalau kamu menerima pekerjaan sampingan. Kalau memang tidak ada maka tidak masalah kamu menerima pekerjaan itu. Atau kerjakan pekerjaan sampingan diluar jam kerja pekerjaan utama kamu, agar tidak mengganggu waktu kerja.

2. Sst, Jangan Sampai Klien Kamu Adalah Saingan dari Kantor Pekerjaan Utama

Hal tersebut sangatlah penting kamu perhatikan terlebih saat kamu bekerja sampingan, di perusahaan yang sejenis dengan perusahaan utama kamu. Jangan menerima tawaran pekerjaan sampingan dari klien yang ditangani oleh perusahaan kamu.

3. Atur Waktu Sebaik Mungkin

Menyenangkan memang mendapatkan dua pendapatan dalam 1x waktu. Tapi jangan sampai keriaan ini mengganggu pekerjaan utama kamu. Pastikan kamu bisa mengatur waktu dengan baik karena punya dua pekerjaan harus lebih disiplin dalam mengatur waktu yang kamu punya.

4. Pekerjaan Utama yang Terpenting

Utamakan pekerjaan utama kamu. Walaupun pekerjaan sampingan lebih banyak mendapatkan pamasukan, bukan berarti kamu selalu memprioritaskan pekerjaan sampingan. Jangan sampai karena sibuk dengan pekerjaan sampingan kamu malah melupakan tanggung jawab kamu di pekerjaan utama.

Freeners, demikian 4 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menerima pekerjaan sampingan. Kalau memang peluang usaha sampingan karyawan mulai mengganggu aktivitas pekerjaan utama kamu maka baiknya kamu segera mengakhiri bisnis sampingan karyawan. Bagaimana pun pekerjaan utama lebih penting dari pekerjaan sampingan.


BERIKAN KOMENTAR