Dampak Negatif Internet dan Sosial Media : Etika Bersosial Media

Siapa yang tak kenal dengan sosial media! Hampir semua orang tahu dengan sosial media, tak mengenal usia, jenis kelamin dan status sosialnya. Mereka begitu mudah untuk mengakses berbagai sosial media.

Bayangkan saja handphone (gadget) dengan harga murah sekalipun sekarang sudah di lengkapi dengan aplikasi sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Mereka begitu mudah mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Indonesia Menempati Urutan ke-4 Pengguna Facebook Terbanyak Di Seluruh Dunia

Di Indonesia sendiri 95% pengguna internet mengakses internetnya dan Indonesia menempati urutan ke-4 pengguna facebook terbanyak di seluruh dunia. Begitu dahsyatnya sosial media di Indonesia.

Tapi sayangnya di Indonesia tidak sedikit orang yang terjebak oleh sosial media. Artinya mereka salah memanfaatkan sosial media. Lihat saja orang melakukan aktivitas sosial media di indonsia yang melupakan sosial yang sesungguhnya. Lihat saja yang anak muda sekarang lakukan, seperti yang mereka lakukan di tempat-tempat hang out dan lain-lain.

Mereka hanya mencari sesuatu yang tidak begitu penting seperti mencari tahu kegiatan orang lain atau yang lain dan itu tidak menjadikan nilai diri mereka bertambah. Mereka tidak menyadari dampak negatif internet yang akan mereka dapatkan dari penggunaan sosial media yang salah.

Apakah kamu pernah mengalami hal-hal di bawah ini, Dampak dari Internet dan Sosial Media

Asyik Dengan Gadgetnya

Penahkah kamu mengalami hal yang menjengkelkan yaitu saat berbincang bersama teman-teman di suatu tempat, dan hampir semua teman-teman kamu membuka gadget mereka masing lalu merka sibuk dengan gadgetnya.

 

Ini adalah kemunduran etika yang sudah menjadi kebiasaan yang di anggap biasa setelah berkembangnya teknologi.

Harusnya Situasi seperti itu adalah situasi yang cukup personal yang mestinya dapat di manfaatkan dengan bertukar ide, berbagi pengalaman, dan membicarakan hal yang akan membuat nilai diri bertambah, Bukan malah ajang asyik dengan gadget masing-masing.

Menyepelekan Pesan Yang Di Terima


Ada lagi contoh lain, apakah kamu salah satu orang yang menggunakan smartphone blackberry, apakah kamu pernah mengirim Messege via BBM ke teman atau kerabat kamu tapi bbm itu hanya di read atau di baca saja tanpa merkea membalas bbm kamu , padahal hal yang ingin kamu adalah informasi yang bersifat urgent dan important subtansinya.

Seperti contohnya : Memberitahu Bahwa ada teman yang kecelakaan, Ada keluarga yang meninggal dunia dan hal-hal penting lainnya. Itulah mengapa kita pantas di katakan masyarakat yang tidak beretika, Meski kita di lahirkan dan besarkan dari Negara yang beretika tinggi yaitu Indonesia. Semua itu di sebut dengan The negative effect social media atau efek negatif sosial media.

Dari beberapa contoh kasus aktivitas bersosial media yang di utarakan di atas kamu dapat mengambil kesimpulan bahwa efek negatif sosial media dan efek positif sosial media mempunyai kaitan yang cukup erat. Jika kamu tidak dapat berfikir cermat maka kamu akan menjadi korban dari efek negatif sosial media.

Kesimpulan dari semuanya adalah Cobalah berfikir kreatif, think smart serta cermat dalam bersosial media agar kamu tidak terjebak oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kita adalah putra-putri bangsa yang bertanggungjawab penuh atas nasib bangsa indonesia kelak.


BERIKAN KOMENTAR