Mengenal Perilaku Aman Dalam Bekerja

cara agar aman dalam bekerja

cara agar aman dalam bekerjaKeselamatan dalam lingkungan kerja menjadi hal yang sangat penting. Mengingat fakta yang terjadi bahwa 4.600 pekerja meninggal dunia saat bekerja pada tahun 2012. jumlah ini terus bertambah setiap tahunya. kecelakaan dalam tingkat tertinggi biasanya meliputi jatuh, kecelakaan di tangga, forklift, mesin, zat-zat bahan kimia atau berbahaya, pekerjaan listrik, masalah pernapasan.

Berikut adalah beberapa cara agar dapat meningkatkan keselamatan kerja agar lingkungan kerja lebih sehat, aman, dan produktif.

1Staff Training

Pastikan tim pengelola perusahaan selalu mengupayakan teknik-teknik yang dapat diajarkan agar pekerjaan mereka lebih mudah dan aman.

2Pekerja yang Kompeten

Ketika berbicara tentang penambahan karyawan dalam tempat kerja anda. pastikan anda memilih pekerja yang terbaik dari yang paling baik. meskipun anda harus menggaji mereka lebih tinggi, tidak masalah. memperkerjakan karyawan yang tidak kompeten tidak akan mengatasi masalah yang ada untuk jangka panjang. dengan memperkerjakan karyawan yang berkualitas maka akan mengurangi resiko kecelakaan kerja.

3Mengutamakan Keselamatan Kerja

Semua berawal dari diri kita masing-masing. jika anda bertindak tegas pada peraturan keselamatan kerja dan berkomitmen, para pekerja akan mencontoh perilaku anda, mereka harus mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja meskipun dalam situasi produksi yang sedang berjalan.

4Perhatikan Apa yang Anda Berikan

Ketika anda memberi reward karyawan karena sudah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau bahkan sebelum deadline, secara tidak langsung anda sudah menghalalkan segala cara asalkan pekerjaan selesai tepat waktu. hal itu sangat berbahaya karena akan membuat mereka kompromi dengan keamanan dan keselamatan demi meningkatkan produksi. sebaiknya anda dapat menjelaskan kembali kepada staff-staff anda bahwa keamanan dan keselamatan lebih penting daripada memproduksi dalam jumlah yang banyak namun mengabaikan keselamatan.

5Pasang Rambu

Bahkan karyawan anda yang paing safety orientedpun  kadang melupakannya. cobalah pasang rambu-rambu atau tanda pada zona kerja agar dapat selalu mengingatkan mereka tentang resiko kerja yang selalu membayangi mereka dan yang seharusnya mereka lakukan untuk mematuhi keselamatan kerja.

6Perlengkapan Keselamatan Kerja

Keselamatan kerja bukanlah hal yang static. akan selalu ada ruang untuk pengembangan, oleh karena itu lakukanlah brainstorming dengan karyawan untuk mencari tahu cara meningkatkan awarness mereka akan keselamatan kerja baik teknisi mesin tau orang-orang sekitar yang berjalan melewati depan pabrik anda.

7Usahakan Selalau Bersih

Lingkungan kerja yang berantakan akan memiliki potensi akan terjadinya kecelakaan kerja. pastika ruang kerja anda selalu bersih, rapi, kering dan nyaman agar aman bagi semua orang.  pastikan juga karyawan memahami pentingnya ruang kerja yang bersih dan selalu tanamkan pada mereka budaya bersih dan rapi dalam bekerja.

8Memberikan Reward yang Aman

Daripada memberikan reward kepada karyawan yang melampaui target produksi tapi acuh terhadap keamanan dan keselamatan kerja, lebih baik memberi hadiah bagi karyawan yang menaati peraturan keselamtan kerja dan secara konsisten bekerja dengan efisien. Mengedapankan keselamatan daripada kuantitas produksi.

SHARE
Bintang Raksaguna
Tidak ada yang instan untuk mendapatkan sesuatu, membaca dan menulis adalah salah satu caranya. Bukan kertas yg di bakar, abu-nya di campur air lalu diminum :D

WHAT DO YOU THINK