7 Tips Hemat Pengeluaran Saat Belanja Pakaian untuk Pria Modern

Tidak cuma buat wanita, berpenampilan menarik juga menjadi kebutuhan seorang pria modern. Tetapi dalam belanja pakaian, pria harus bersikap dengan bijaksana.

Belanja memang tidak salah, karena kebanyakan orang pasti ingin terlihat menarik, begitu juga kamu. Oleh karena itu, kamu harus bijak dalam urusan belanja fashion. Dan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang kamu untuk menabung.

Tips Hemat PengeluaranWalau kamu melabelkan diri sebagai “pria modern”, bukan berarti harus beli ini-itu yang serba berkelas, mahal, dan dalam jumlah banyak. Ingat lho, kamu punya keperluan pokok yang harus dipenuhi. Justru pria modern yang bijak yaitu yang cerdas juga akan keuangan.

Agar tidak bingung, Indonesian free coba memberikan beberapa tips hemat pengeluaran saat belanja pakaian untuk pria modern.

1. Buat anggaran khusus untuk belanja fashion

tips hemat pengeluaranMembuat anggaran ini tujuannya yaitu supaya kamu tidak kebablasan dalam berbelanja. Product fashion untuk pria itu banyak, dan dapat menggoda imanmu.

Tanpa ada anggaran berbelanja yang tersusun dengan baik, pengeluaranmu dapat tidak teratasi. Cobalah biasakan setiap bulan, buat daftar berbelanja prioritas dan tentukan bujetnya.

Misalnya, sepatu sudah rusak karna sering terkena becek. Berarti prioritas belanjamu bulan ini yaitu sepatu. Jangan pernah kamu malah beli baju atau tas yang sebenarnya belum juga diperlukan.

Harga sepatunya juga mesti dibanderol di harga tertentu. Supaya bisa jadi referensi kamu dalam pilih produk nantinya.

2. Fit is the King

“Fit is the King”. Upayakan semuanya baju yang kamu pakai mempunyai potongan cocok dan sesuai dengan bentuk tubuhmu. Tidak kesempitan atau kebesaran.

Memakai baju kesempitan justru buat kamu tidak nyaman dan tidak baik buat kesehatan. Sedang pakaian kebesaran dapat membuat kamu terlihat gemuk atau bak orang-orangan sawah.

3. Saat pilih baju atau kemeja, pilih yang bersifat “basic”

100 cara untuk menghemat uang andaStyle baju atau baju yang bersifat standard atau polos justru berkesan modern. Jadi contoh, baju Oxford berwarna putih dapat membuat kamu terlihat menawan saat di kantor bila digabungkan dengan chino.

Warna polos juga membuat kamu terlepas dari kesan berlebihan dan sifatnya “timeless” dengan kata lain tidak akan terlihat kuno. Bukan sekedar itu, atasan polos akan lebih mudah dipadu-padankan dengan bawahan apapun. Tidak butuh beberapa sering belanja atasan nantinya, kan?

Untuk masalah warna, cocokkan juga dengan postur tubuhmu. Kalau kamu berbadan besar, sebaiknya memakai warna gelap supaya kamu tampak lebih ramping.

Begitu pula sebaliknya, yang berbadan tinggi dan kurus gunakan warna cerah dengan sedikit motif. Motif garis-garis vertikal sepertinya lebih cocok terlihat untuk yang berbadan ramping.

4. Alokasikan 50% dari anggaran berbelanja fashion itu untuk beli pakaian kerja atau formal

cara berhemat dan menabungKamu tentu lebih menginginkan tampak menarik di depan rekanan kerja, client, atau atasan. Tidak salah untuk mengalokasikan 50% anggaran belanja fashion untuk beli pakaian kerja atau yang berbentuk resmi.

Diluar itu, belanja pakaian kerja jelas lebih berguna dibanding belanja setelan kasual. Mengapa? Karna toh ini untuk mendukung aktivitasmu di kantor, terlebih saat sering ketemu client. Malu dong kalau ketemu client dengan baju yang itu-itu saja.

5. Alokasikan 20% anggaran belanja untuk pakaian kasual

tips hemat pengeluaranPakaian kasual jelas harus dipunyai pria modern. Bergaya kasual mungkin saja cukup dengan polo shirt, celana pendek, dan sneakers.

Capek pastinya dong sehari-hari pakai baju formal. Mesti ada kalanya kamu tampil lebih enjoy. Jangan salah lho, style kasual juga bisa mengambil perhatian.

6. Alokasikan 30% anggaran belanja untuk alas kaki

tips hemat pengeluaranSepatu juga adalah senjata andalan pria. Menggunakan sepatu yang sama sehari-hari terang tidak baik karna selain buat penampilanmu tampak membosankan, dapat juga berpotensi membuat kamu terkena penyakit kulit atau bau tidak sedap.

Baiknya, kamu miliki beberapa sepatu yang saat penggunaannya berbeda-beda. Pastinya sepatu formal jenis oxford, wingtip, chelsea dan yang lain harus mempunyai.

Dan untuk kasual, tentukan sneaker atau boat shoe. Sepatu boots juga boleh kalau kamu memang sering melakukan aktivitas di lapangan dan mempunyai postur besar.

7. Belanjalah dengan kartu credit yang tepat guna

tips hemat pengeluaranUntuk melindungi cashflow, manfaatkanlah kartu credit yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau memang ada yang membebaskan biaya keterlambatan pembayaran dan pemanfaatan diluar batas credit, mengapa tidak. Bukan berarti kamu tidak butuh disiplin bayar kartu credit ya. Tapi ini hanya opsi saja.

Selalu ada cicilan 0% selama 3 bulan dan hemat 10% biaya bunga kalau bayar tagihan tepat waktu. Ada kok kartu kredit dengan beberapa fitur menarik seperti itu.

Dengan menggunakan metode belanja ini, kamu tidak hanya bijak, tapi juga cerdas. Oleh karena itu, jangan pernah salah tentukan kartu credit. Ini salah satu tips kamu bisa menghemat uang bulanan kamu.

Jadi pria modern, bukan berarti kamu cuma mementingkan style. Tetapi juga masalah kantong.

Jangan sampai bangkrut hanya karna ingin tampak keren. Namun di sisi lain, jangan juga abai dengan penampilan, terlebih kalau sudah masuk urusan bisnis. Gak cuma malu-maluin, client juga mungkin saja ilfil bila lihat kamu dekil.


BERIKAN KOMENTAR