Banyak Orang Tidak Tahu Pengertian dan Sejarah Foto Selfie yang Sebenarnya

Hampir semua orang sekarang tahu dengan isrtilah “selfie” Apalagi sekarang adalah era nya teknologi yang semakin canggih dan hampir semua orang memiliki gadget dan akun sosial media untuk memamerkan foto yang mereka ambil. Tapi tahukah kamu pengertian selfie menurut para ahli dan sejarah selfie itu sendiri.

Pengertian Selfie

pengertian dan sejarah foto selfieFoto self potrait adalah termasuk kategori selfie, dan umumnya menggunakan kamera digital dari handphone.

Baca juga:

Kapan foto selfie di temukan?

© wikipedia

Robent Cornelius lah yang pertama menemukan foto Selfie. Robert Cornelius yang merupakan seorang berkebangsaan Amerika dan juga seorang pioner dalam dunia fotografi.

Orang pertama yang mengambil foto dirinya menggunakan cermin bernama Anastasia Nikolaevna

© wikipedia

Seorang wanita bernama Anastasia Nikolaevna berkebangsaan Rusia merupakan remaja yang mengambil foro diri sendiri pertama kali dengan memakai cermin, lalu foto itu dikirim ke salah satu temannya ditahun 1914 saat itu usianya baru 13 tahun.

Baca juga:

Sebuah konsep meng-upload foto diri sendiri (sekarang dikenal sebagai super selfies) ke internet atau kehalaman web yaitu di Australia pada September 2001, termasuk foto yang diambil di akhir 1990-an ( ditangkap oleh Internet Archive pada bulan April 2004 ) . Kemudian penggunaan awal Selfie yaitu pada tahun 2002.  Dan ini pertama kalinya muncul di sebuah forum internet Australia (ABC online) pada tanggal 13 September 2002.

Perkembangan Foto Selfie

Istilah ” Selfie ” sempat diungkapkan tahun 2015 oleh Jim Krause fotografer, walaupun foto jenis selfie telah menyebar terlebih dulu sekitarl tahun 2000an, sebelum Facebook menjadi jejaring sosial online yang dominan seperti sekarang ini, foto diri sendiri atau selfie sering di lakukan di website MySpace .

Tapi seorang penulis bernama Kate Losse menceritakan bahwa antara tahun 2006 dan 2009 ( ketika Facebook menjadi lebih populer daripada MySpace ) foto diri sendiri sering diambil di depan cermin kamar mandi. Dan ini menjadi indikasi buruk bagi pengguna jejaring sosial Facebook baru.

Foto Selfie Populer di Situs Jejaring Sosial

pengertian selfie menurut para ahliPada tahun 2009 muncul sebuah situs Flickr, pengguna Flickr menggunakan ‘ selfies ‘ untuk menggambarkan bentuk foto dirinya sendiri, kebanyakan yang melakukan foto selfie di situs Flickr adalah gadis-gadis remaja.

Baca juga:

Selfies kemudian menjadi populer di berbagai tempat dari tahun ke tahun. Tahun 2013 menurut survei, dua pertiga dari wanita Australia berusia 18-35 tahun, berfoto selfies difacebook.

setelah itu ditahun2013, kata ” Selfie ” menjadi hal yang biasa untuk dipantau dan dimasukkan dalam online Oxford English Dictionary dan pada bulan November 2013, kata ” Selfie ” diumumkan sebagai “Word Of The Year” oleh Oxford English Dictionary, dimana kata tersebut berasal dari Australia .


BERIKAN KOMENTAR