5 Cara Untuk Mengetahui Masa Kadaluarsa Produk Kosmetik

Tahukah kamu kalau produk make up lebih cepat kadaluwarsa daripada produk skin care? Perlengkapan make up memiliki masa atau kerentanan yang membuatnya tidak bisa dipakai dalam waktu lama, bahkan jauh lebih cepat dari tanggal yang tertera pada kemasannya.

Selain karena kontaminasi dengan berbagai benda yang mengandung bakteri, salah meletakkan produk bisa juga mempengaruhi daya tahan dan kualitas make up jadi lebih cepat lho.

Nah kalau kamu termasuk orang yang sangat malas menyimpan kemasan make up atau sudah terlanjur membuang kemasan yang menampilkan masa kedaluwarsa, coba deh simak 5 cara mengetahui masa kadaluarsa makeup berikut ini Ladies.

1. Hindari dari Sinar Matahari

cara mengetahui masa kadaluarsa makeupYa, kontak langsung dengan sinar matahari akan membuat make up kamu lebih cepat kedaluwarsa. Upayakan kamu selalu menyimpan produk make up secara rapi setelah dipakai. Simpan perlengkapan make up di ruangan dengan suhu kamar, yaitu sekitar 25 derajat Celcius.

2. Bersihkan Alat Make up untuk Menjaga Daya Tahan Produk

cara mengetahui masa kadaluarsa makeupSalah satu penyebab make up cepat kadaluwarsa yaitu kontak alat make up dengan kulit. Bakteri sangat menyukai alat make up yang terlalu sering dipakai tapi jarang dicuci. Kulit akan berjerawat, iritasi bahkan breakout.

Bersihkan alat make up seperti sponge dan brush setiap kali selesai dipakai atau minimal 1 kali dalam 1 minggu. Selain tetap higienis, perlengkapan make up juga akan lebih awet kalau kamu selalu memperhatikan kebersihannya.

3. Produk dengan Masa Kedaluwarsa Tercepat

cara mengetahui masa kadaluarsa makeupKamu juga perlu mengetahui cara cek expired date kosmetik. Produk dengan masa kedaluwarsa tercepat yaitu produk riasan mata. Misalnya tanda lipstik kadaluarsa, concealer mata, eyeliner dan maskara.

Biasanya masa pakai produk mata seperti eyeliner dan maskara hanya bertahan selama kurang lebih 3 bulan. Karena saat dipakai, produk rias mata rentan terkena bakteri. Produk kosmetik dengan bahan krim termasuk yang cepat kedaluwarsa.

Bakteri sangat menyukai udara lembab, maka kandungan air yang terdapat pada produk dari bahan krim membuat bakteri bisa berkembang biak. Produk dari bahan powder memiliki ketahanan lebih lama, karena tidak adanya kandungan air dalam produk tersebut.

4. Mencari Tahu di Website

cara mengetahui masa kadaluarsa makeupKalau kamu terlanjur membuang semua bungkus make up, coba cek kadaluarsa kosmetik online dari website. Biasanya, akan website akan mencatumkan masa pemakaian produk itu.

Misalkan cara membaca expired date terdapat tulisan 24M, maka masa kadaluarsa kosmetik setelah dibuka itu yaitu 2 tahun atau 24 bulan sejak pertama kalinya di buka.

5. Jangan Memakai Make up Orang Lain

cara mengetahui masa kadaluarsa makeupTukar menukar make up dengan orang lain sudah biasa dilakukan oleh para wanita, padahal kebiasaan tersebut bisa membuat bakteri berkembang biak.

Cobalah lebih cermat saat meminjamkan sebuah produk make up, karena ada beberapa makeup yang sebaiknya tidak dipinjamkan ke orang lain atau bersifat personal seperti lipstik, lip balm, concealer, eyeliner dan maskara.

Untuk produk kemasan pump dan tube kayanya sih masih aman-aman saja kalau mau dipinjamkan, tapi kalau makeupnya memiliki aplikator bawaan seperti doe-foot applicator atau bentuknya jar, baiknya pakai spatula atau aplikator yang bersih agar produk tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR