Serial Kartun Yang Seharusnya Tidak Layak Ditonton Untuk Anak-Anak

Kartun animasi adalah salah satu tontonan yang kental akan hiburan. Jangankan anak-anak, orang dewasapun banyak yang menjadi penggemar menonton film kartun ini. Pembuatan kartun animasi ini biasanya sangat identik dengan anak-anak. Dimana beberapa sketsa gambar disusun dan dikumpulkan hingga menjadi sebuah cerita yang dapat di nikmati.

Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang memproduksi film animasi. Televisi-pun bukan menjadi satu-satunya media yang dapat mengakases tayangan tontonan tersebut. Melalui aplikasi youtube-pun film animasi ini bisa di akses dimanapun dan kapanpun selama jaringan internet tersedia. Tapi siapa sangka, ada beberapa film kartun atau animasi yang seharusnya tidak layak di tonton untuk anak-anak. Entah itu dari segi alur cerita, karakter atau penggambaran tokoh.

Indonesian free akan mengulas film kartun apa saja yang sebaiknya di hindari untuk di tonton anak-anak. Berikut ulasannya :

Looney Tunes

film kartun bahaya untuk anakSiapa yang tidak kenal Warner Bros ? Rumah produksi yang terkenal di Hollywod yang sudah banyak merilis berbagai serial kartun ini termasuk salah satunya adalah Looney Tunes. Di film serial kartun ini banyak sekali karakter animasi yang amat terkenal yaitu Bunny, Tasmania Devil, Bugs, Tweety, Dafffy Duck, Porky Sylvester dan masih banyak lagi yang lainnya.

Film kartun ini begitu sangat popular hingga saat ini, tapi taukah kamu kalau film kartun ini tidak cocok jika di tonton oleh anak-anak? Terlalu banyak adegan yang ada dalam film kartun tersebut yang menampilkan kebrutalan dan pertengkaran yang sangat kurang bisa di jadikan panutan. Contohnya seperti tembak-tembakan, aksi kebut-kebutan sampai menggunakan bahan peledak adalah sebagian adegan kecil yang kurang cocok di jadikan panutan oleh anak-anak. Hal ini membuat orang tua khawatir dan mengharuskan mendampingi anak-anaknya ketika sedang menonton film kartun ini.

Family Guy

film kartun bahaya untuk anakFilm kartun yang tidak layak di tonton oleh anak anak selanjutnya adalah Family Guy. Seth MacFarlane adalah seorang animator yang berhasil menciptakan karakte Family Guy ini. Serial kartun yang bergendre komedi asal Amerika Serikat ini menceritakan sebuah keluarga yang beranggotakan Ayah yang bernama Peter, Ibu yang bernama Lois dan ketiga anak mereka yang bernama Med, Chris dan Stewie serta anjing kesayangannya yang bernama Brian. Walaupun bergendre komedi, tetapi serial kartun ini tidak memiliki nilai yang edukatif untuk di tonton.

Ini di sebabkan lelucon-lelucon yang di lontarkan sering sekali menimbulkan kontroversi sehingga film kartun ini banyak di cekal penyangannya di berbagai negara tak terkecuali Indonesia yang tidak diperbolehkan tayang. Topik yang di angkat dalam film kebanyakan di ambil dari budayanya sendiri yaitu Amerika Sekrikat yang notabene terkenal “bebas”. Family Guy sering di sebut sebagai salah satu animasi yang berkonten dewasa atau adult animation. Potret keluarga yang tidak mendidik bukanlah topik yang bagus untuk di tonton anak-anak apalagi jika di sajikan dalam bentuk serial kartun.

Betty Boop

film kartun bahaya untuk anakMax Fleischer adalah seorang animator pencipta Betty Boop. Film kartun Betty Boop sendiri sangat buming di era 1930-an. Kemunculan pertama kali dari Betty Boop ini adalah di talkartoon dan kemudian serialnya mulai di produksi oleh Fleischer Studios sampai akhirnya di rillis oleh Paramount Pictures. Karakter atau tokoh yang menggambarkan seorang perempuan seksi ini di sebut-sebut sangat tidak layak menjadi tontonan untuk anak-anak. Karakter Betty Boop sendiri tergambar jelas seorang anak perempuan yang memakai gaun yang sangat minim dan menampilkan punggung yang terbuka lebar serta sepatu hak tinggi yang syarat menonjolkan keseksian dan berunsur seksual.

Bukan itu saja, beberapa episode juga menampilkan Betty Boop sedang menampilkan tarian seksi yang sangat tidak cocok di tonton oleh anak-anak yang dapat membuat konotasi yang negativ. Belum cukup dengan itu saja, Betty Boop pernah di kenakan sangsi penayangan karena di salah satu episodenya, dimana adegannya Betty Boop sedang menggunakan obat-obatan yang terlarang. Itulah beberapa alasan kuat kenapa film kartun Betty Boop tidak cocok di tonton untuk anak-anak.

Tom & Jerry

film kartun bahaya untuk anakSerial animasi yang berasal dari Amerika Serikat ini berfokus pada pertengkaran antara seekor kucing bernama Tom dan seekor tikus bernama Jerry. Tom & jerry adalah salah satu serial kartun yang sangat terkenal hingga saat ini. Menampilkan hal-hal yang mustahil adalah salah satu ciri-ciri film animasi. Tetapi adegan yang selalu di tampilkan di serial kartun ini selalu berbau dengan adegan kekerasan dan pertengkaran.

Akan tetapi adegan kekerasan dan pertengkaran yang selalu ada di episode serial Tom & Jerry tentu bukanlah tontonan yang sehat untuk anak-anak. Misalnya seperti, Tom mengejar-ngejar Jerry menggunakan kapak, bagaimana Tom memotong tubuh Jerry menjadi dua bagian dan lain sebagainya. Walaupun ada beberapa adegan yang menggambarkan mereka tampak akur tetapi penggambaran watak Tom & Jerry sebenarnya sama-sama sadis. Dan itu membuat serial kartun ini tidak cocok jika di tonton oleh anak-anak.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, film kartun adalah media yang cukup atraktif untuk anak-anak. Tetapi jika anda sudah menjadi orang tua, mengawasi segala bentuk tayangan yang di tonton anak adalah sangat penting. Karena tidak bisa di pungkiri sebuah tayangan bias berdampak besar bagi perkembangan psikologi anak.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR