7 Tindakan yang Harus Kamu Hindari Saat Berjuang Dengan Orang yang Dicintai

Sangat mudah menyakiti seseorang dengan sebuah kata atau tindakan saat sedang bertengkar. Dendam bisa bertahan lama walaupun pertengkaran sudah usai, dan ini dapat merusak hubungan. Memang menghindari pertengkaran dalam rumah tangga pasti sulit. Butuh kesadaran akan kedua belah pihak.

Indonesian free ingin memberitahu tentang 7 hal yang seharusnya tidak pernah kamu lakukan saat bertengkar dengan orang yang kamu cintai.

1. Jangan Sertakan Anggota Keluarga Lainnya Dalam Pertengkaran Kamu

Pertengkaran kamu hanya menyangkut kamu dan dia, bukan orang lain. Dengan menarik orang tua kamu ke dalam konflik, kamu akan berisiko mengubah dampak keakuran antar keluarga yang akan menjadi kekacauan keluarga yang nyata. Bahkan jika keharmonisan kembali terjalin ke hubungan kamu, anggota keluarga yang lain kemungkinan besar akan mengingat semuanya dan akan menggunakannya terhadap kamu atau pasanganmu bila diberi kesempatan.

2. Hindari Kekerasan dalam Pertengkaran

Saat bertengkar, orang cenderung menunjukkan sisi buruk dari karakter mereka. Beberapa, mencoba membuktikan diri mereka benar, dengan menggunakan kekerasan. Jangan biarkan diri kamu atau pasangan kamu menggunakan kekerasan, tidak peduli seberapa marah kamu satu sama lain. Rasa sakit fisik yang disebabkan oleh orang yang dicintai akan membunuh semua perasaan yang pernah mengikat kamu.

3. Jangan Mencampur Aduk Semuanya

Jika penyebab pertengkaran rumah tangga adalah tumpukan piring yang tidak dicuci, maka biarkan tetap seperti itu. Jangan ingatkan pasangan kamu atas semua kesalahan mereka sebelumnya – ini adalah cara untuk mengubah isu domestik kecil menjadi sebuah konflik besar yang lebih buruk. Selain itu, pasangan kamu mungkin memiliki pertanyaan logis: apakah saya perlu melanjutkan hubungan di mana ada begitu banyak tuntutan?

4. Jangan Pernah Membicarakan Perceraian

Bila kamu mengatakan “kita bercerai saja” saat bertengkar, ini bisa menjadi penghinaan terbesar yang pernah ada. Kata-kata ini bisa melukai perasaan pasangan kamu dengan sangat buruk. Dan semakin sering kamu mengatakannya, semakin cepat perceraian benar-benar akan terjadi. Jika kamu saling mencintai, jangan pernah membicarakan perpisahan.

5. Jangan Pernah Meninggalkan Rumah di Tengah Pertengkaran

Meninggalkan rumah saat bertengkar hanya akan menunjukkan betapa tidak nyamannya kamu berada di bawah atap yang sama dengan pasangan kamu. Membanting pintu, berlari ke dalam kegelapan, meninggalkan konflik belum terselesaikan – ini semua akan membuat pasangan kamu berpikir dua kali tentang tingkat kedewasaan kamu. Sebaiknya tunggu sampai kalian berdua tenang, dan kemudian kamu bisa mendiskusikan semuanya sebagai orang dewasa.

6. Jangan Tidur Beda Ranjang

Dengan tidur beda ranjang, ini menunjukkan bahwa kamu belum siap untuk menebusnya. Rutinitas sehari-hari, seperti tidur bersama, akan mempermudah suasana dan cepat menyelesaikan konflik. Mungkin awalnya kamu tidur saling berjauhan, tapi di pagi hari kamu akan terbangun dalam pelukan masing-masing tanpa sedikit pun ingat akan pertengkaran semalam.

7. Jangan Pernah Bertengkar di Depan Umum

Jika kamu membiarkan diri dan pasangan kamu bertengkar di tempat umum, kemungkinan besar kamu tidak saling menghormati atau orang di sekitarnya. Jangan membuka masalah keluargamu di tempat umum. Sebaiknya kamu membicarakan masalah dalam rumah tangga ini di rumah.


BERIKAN KOMENTAR