Mungkinkah Media Sosial jadi Pemicu Perceraian?

Penggunaan smartphone sehari-hari adalah hal yang begitu lumrah. Alat ini adalah piranti sebagai sumber pengetahuan, info, ide, pergerakan sosial, sampai dapat jadi ancaman dalam hubungan –terutama jika dipakai untuk mengakses sosial media.

Penggunaan sosial media bisa jadi ancaman dalam hubungan, termasuk juga hubungan pernikahan, karena rawan pada gosip perselingkuhan. Paling tidak ada tiga hal sebagai penyebabnya media sosial pemicu perceraian. Hati-hati ya freeners!

Mengganggu Quality Time

Di banding menghabiskan waktu untuk bercengkerama diatas tempat tidur, sebagian pasangan malah repot mengakses sosial media sebelum tidur. Walau sebenarnya waktu di malam ini semestinya dapat digunakan dengan baik untuk saling sharing cerita mengenai apa sajakah yang sudah dilewati selama seharian. Karena aktivitas dan keasyikan dalam mengakses sosial media inilah, pada akhirnya quality time dengan pasangan jadi menurun.

Membandingkan Hubungan dengan Pasangan lain

Dengan mengakses sosial media, kita dapat lihat semua kehidupan ‘teman’ termasuk juga masalah asmara atau pernikahannya. Hal semacam ini begitu memungkinkan bagi kita untuk terasa iri dengan kemesraan rekan dan pasangannya. Hingga pada akhirnya kita memperbandingkan hubungan yang kita lakoni dengannya.

Berpikiran kalau rumput tetangga selalu lebih hijau, terasa mereka lebih bahagia, lalu memaksakan supaya pasangan dapat berlalu seperti orang lain kerjakan. Jika hal semacam ini berlangsung, hubunganmu dan pasangan malah akan semakin renggang. Karena apa yang terjadi dalam hubunganmu pastinya tidak bisa sama juga dengan apa yang terjadi pada hubungan orang yang lain.

Media Perselingkuhan

Pertemanan di sosial media ini begitu luas. Hal semacam ini sangat mungkin kita untuk dapat berjumpa dengan siapapun, termasuk juga mantan kekasih saat masih tetap sekolah atau kuliah dahulu, atau bahkan berkenalan dengan orang baru yang sama sekali belum di kenal terlebih dulu.

Percakapan dalam hubungan baru didunia maya dapat membuat seorang merasa temukan gairah dan tantangan baru, hingga kemungkinan besar ia akan mulai meremehkan pasangannya yang ada di dunia nyata. Karena hanya dianggap sebatas terlibat perbincangan didunia maya, sering kita tidak sadar jika sudah berselingkuh karena dengan sengaja sembunyikan hal semacam ini dari pasangan.

Jika penggunaan sosial media ini tidak dikerjakan dengan benar, bukan mustahil perceraian dapat terjadi. Untuk menghindarinya, kamu dan pasangan mesti perbanyak waktu untuk bersama.

Tingkatkan kualitas waktu yang kalian punyai, bukan sama-sama sibuk saling berikan komentar di sosial media. Dan ceritakanlah pada pasangan apa sajakah yang kamu kerjakan dengan media sosialmu, jangan juga membandingkan hubunganmu dengan hubungan pasangan lain.


BERIKAN KOMENTAR