10 Hal Yang Ibu Rasakan Ketika di Tinggalkan Anaknya Merantau

ibu menangis karena anaknya
© duniavvanita

Pada saatnya setiap anak pasti akan pergi meninggalkan tanah kelahirannya, termasuk rumahnya. Pergi dari rumah mininggalkan rumah entah untuk mengejar cita-cita atau untuk bekerja.

Memang sedih rasanya harus berpisah dengan keluarga sudah terbiasa bersama dan yang selalu bersama-sama sejak lahir.

Namun kadang tidak ada pilihan lagi, merantaulah menjadi alasan orang untuk belajar mandiri dan dewasa. Apakah kamu tahu perasaan orang tuamu saat kamu jauh merantau, terutama ibumu di rumah? Kesepiankah atau malah senang karena jatah makan berkurang?

Berikut yang selalu dirasaka oleh seorang ibu ketika anaknya pergi meninggalkan rumah

Bingung mau sms dan telepon

Orang tua memang berbeda dengan kamu yang hidup serba mudah apalagi akrab dengan teknologi. Jadi kamu jangan heran kalau kamu kadang mesti mengajari orang tua kamu memakai gadget.

Merasa ada yang hilang di rumah

Rumah yang biasanya selalu ramai dengan celoteh anak-anaknya tiba-tiba saja sepi begitu saja. Sudah tidak ada anak yang merengek minta makan atau uang jajan. Pasti hal hal itu membuat ibumu sedih dan kesepian.

Terkadang merasa menyesal karena pernah memarahi anaknya

Jika anak di rumah pasti sering menerima kemarahan dari ibunya.

Tapi ketahuilah saat ibu marah itu karena beliau sayang banget sama kamu dan ingin yang terbaik buat kamu. Bahkan saat kamu tidak ada dirumah, pasti ibu akan menyesal pernah memarahi kamu.

Diam-diam ibu akan menabung

Pada saat kamu ingin pergi dari rumah atau merantau, ibu akan diam-diam berusaha mengumpukan uang agar jika waktunya tepat ibu bisa mengunjungimu ke kota.

Tiba-tiba membuat akun media sosial untuk tahu kegiatan anaknya

Apakah kamu pernah tiba-tiba ada permintaan pertemanan difacebook. Setelah kamu cek profilnya ternya ibu kamu. Mungkin kamu akan kesal karena kamu merasa privasi kamu terganggu didunia maya. Asal kamu tahu, ibu melakukan itu cuma hanya ingin tahu apa yang dilakukan kamu karena ibu begitu mengkhawatirkan kamu.

Beli handphone mahal hanya untuk video call denganmu

Menelepon dan sms tidak cukup untuk ibu, Ibu ingin melihat wajah anaknya dan memastikan kamu dalam keadaan baik. Makanya, ibu rela menabung dan membeli handphone mahal supaya bisa video call dengan kamu dan melihat wajahmu.

Repot luar biasa saat kamu mengabarkan akan pulang

Saat kamu mengabari ibumu kamu akan pulang, Ibu mana coba yang tidak senang. Dan pastinya ibu akan repot menyiakan apapun untuk menyambut kamu.

Ibu akan memasak makanan kesukaan kamu,  membersihkan kamarmu dan membeli apa saja agar kamu senang dirumah.

Terkadang merasa kamu akan pergi selamanya

Seiring dengan sibuknya aktivitas kamu diperantauan, terkadang kamu lupa untuk pulang. Dan di rumah akan ada ibu yang merasa sedih luar biasa. Mungkin ibu merasa bahwa kamu tidak akan pulang.

Belum lagi jika kamu menikah, Peran ibu selama ini sebagai ibu terhenti begitu saja. Anak yang disayanginya akan memiliki keluarga sendiri, Ibu takut kehilangan kamu.

Buat kamu yang masih mempunyai ibu dan kamu tinggal pergi merantau, Apakah kamu sudah menelepon ibumu.

Mendengar suaramu sudah cukup mengobati kerinduan yang mendalam terhadapmu.


BERIKAN KOMENTAR