3 Bahaya Penggunaan Botol Plastik Air Mineral Secara Berulang-ulang

Tempat minuman yang paling sering kita jumpai adalah Botol plastik  yang paling sering kali kita tidak melihat dampak negatif bagi kesehatan. Ternyata, Masih banyak orang yang tidak mengetahui bahaya penggunaan botol plastik berulang sehingga seringkali menumbulkan efek negatif yang tidak diinginkan.

Agar kamu terhindar dari bahaya penggunaan botol plastik berulang, Indonesian free akan mengulas apa saja bahaya dari botol plastik air mineral.

Botol Plastik Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

kenapa botol aqua tidak boleh diisi ulangBotol plastik air minum mengandung bahan kimia berbahaya untuk kesehatan. Perhatikan tanda atau simbol khusus pada bagian bawah botol plastik : Segitiga nomer tersebut menunjukan jenis plastik yang di gunakan.

  • Botol berlabel dengan nomer 1 (PET atau PETE) hanya aman di gunakan untuk satu kali pemakaian. Saat terkena oksigen atau suhu tinggi termasuk terpapar sinar matahari, botol plastik akan mengeluarkan zat beracun yang dapat masuk ke dalam air.
  • Hindari botol dengan kode atau berlabel 3 atau 7 (PVC dan PC) karena bahan kimia pada botol plastik ini dapat menembus ke dalam makanan dan minuman kamu. Selain dampak pada kesehatan, Botol plastik mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan.

bahaya botol aqua bekasBotol berlabel 2 atau 4 dan 5 (polietilen dan polupropilena) bisa di gunakan secara berulang. Botol plastik dengan label ini cukup aman jika digunakan untuk menyimpan air berulang-ulang.

Botol Plastik adalah Media yang Kaya akan Pertumbuhan Bakteri

kode pada botol plastikMenggunakan botol plastik air minum bekas sama juga dengan menjilati dudukan toilet. Kenapa? Ya, Karena jumlah bakteri didalam botol sama dengn ditoliet. Jika kamu memang terpaksa menggunakannya kembai, Cucilah botol secara teratur dengan air hangat dengan menggunakan sabun, cuka, atau obat kumur antibakteri.

Perhatikan Leher Botolnya

kode botol yang bisa diisi ulangMeskipun kamu sudah mencuci atau membersihkan botol dengan teratur dan menyeluruh, Tetap saja, Masih bisa terkena hepatitis A. Banyak bakteri yang hidup di leher botol,  Area leher botol plastik sulit untuk dicuci karena area yang sulit di jangkau. Tutup botol memiliki banyak kuman yang kemungkinan sering masuk ketubuh kita bersama air. Cara mengatasinya, gunakan sedotan saat kamu minum menggunakan botol plastik.

Itulah beberapa bahaya penggunaan botol plastik secara berulang-ulang. Jangan anggap remeh hal ini, sebelum kamu menjadi korban dari dampak negatifnya.


BERIKAN KOMENTAR