Kenali 4 Gangguan Kesehatan yang Sangat Beresiko Bagi Pekerja Kantoran

penyakit yang dialami pekerja

Setelah lulus kuliah, langsung mendapatkan pekerjaan adalah impian setiap orang. Apalagi, kalau pekerjaan itu adalah pekerjaan kantoran. Ya, sebagian orang memang bermimpi bisa kerja di kantor yang memiliki ruangan yang nyaman, tenang dan berada didepan layar monitor dimana ia lebih banyak bekerja memakai otak daripada otot.

Bagi sebagian orang, bekerja di kantor terbilang mentereng dan jadi poin plus. Duduk didepan komputer selama 8 jam pun rasanya tidak masalah. Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar atau bahkan lupa kalau menjadi pekerja kantoran bisa berisiko pada beragai gangguan kesehatan yang cukup serius.

Nah, penasaran kan? Inilah beberapa penyakit yang dialami pekerja.

1. Kesehatan Mata

Kesehatan MataMata adalah salah satu anggota tubuh yang akan sangat mudah mengalami masalah. Mata akan mudah lelah, capek, mata kering sampai mata minus saat menatap layar pc di waktu yang lama. Bukan hanya itu saja, mata juga bisa mengalami iritasi. Apalagi, kalau jarak layar dengan mata tidak lebih dari 20 cm.

2. Obesitas

ObesitasContoh penyakit akibat kerja selanjutnya yaitu obesitas. Kurang gerak, terlalu banyak duduk dan ngemil di meja kerja yaitu penyebab utama dari obesitas. Belum lagi, saat para pekerja kantoran ini mengonsumsi banyak asupan makanan manis dan gurih selama bekerja.

3. Penyakit Persendian

Penyakit PersendianKesehatan persendian seringkali terganggu kalau kamu terbiasa duduk terlalu lama. Ditambah lagi, saat duduk di kantor ini tidak disertai dengan gerak badan, olahraga, pola makan yang tepat dan mengonsumsi air putih cukup. Postur badan dan bengkoknya tulang belakang bisa berubah kalau posisi duduk kurang tepat.

4. Diabetes

DiabetesKarena sangat berisiko mengalami obesitas, resiko naiknya gula darah, diabetes dan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh juga akan meningkat. Kalau selama menjadi pekerja kantoran tidak olahraga dan memiliki pola hidup sehat, resiko diabetes ini akan 2x lebih besar dari orang-orang yang bekerja di lapangan.

Itulah beberapa daftar penyakit akibat kerja yang mengancam para pekerja kantoran. Selain masalah kesehatan diatas, masalah kasus penyakit akibat kerja yang mengancam yaitu depresi, stres, tekanan darah tinggi sampai serangan jantung. Agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan diatas, sangat penting untuk pencegahan penyakit akibat kerja seperti memiliki pola makan sehat, hidup sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan hindari stres.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR