5 Keuntungan Kamu Menjadi Seorang Vegetarian, Mau Coba ?

Bagi sebagian besar orang, mengambil keputusan menjadi vegetarian itu tidaklah mudah. Menjadi seorang vegetarian berarti harus siap bercerai dari daging merah dan semua bentuk olahan yang terbuat dari daging. Tetapi bagi sebagian lagi, membiasakan diri untuk tidak mengonsumsi daging adalah suatu hal yang memang harus dilakukan. Manfaat vegetarian sangat besar, untuk menjaga kualitas kesehatan jangka panjang.

Jadi seorang vegetarian sebetulnya sangat menguntungkan. Dengan kedisiplinan menjalankan gaya hidup sehat, maka otomatis segala penyakit tidak mudah datang.

Didunia ini, penyakit-penyakit berbahaya beragam macamnya. Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menghantui. Sebagian besar kanker disebabkan karena tidak teraturnya pola makan dan tidak seimbangnya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berdasarkan kesimpulan sebuah penelitian dijerman itu, vegetarian bisa menekan resiko terserang kanker hingga 50% pada pria dan 30% pada wanita. Fakta ini disebabkan oleh dua hal, yaitu :

  • Pertama, seorang vegetarian lebih sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Banyak kandungan dalam sayur dan buahan yang terbukti ampuh mencegah penyakit kanker.
  • Kedua, seorang vegetarian tidak mengonsumsi beragam jenis daging, terutama daging merah seperti sapi, kambing, kerbau, babi, dan unta. Walau daging merah bisa memenuhi asupan protein, karbohidrat, lemak, dan zat besi, tetapi makanan ini juga yang paling mudah mengubah struktur sel dalam tubuh.

Orang yang menjadi vegetarian akan mendapatkan beberapa manfaat oleh karena itu manfaat menjadi vegetarian sudah terbukti secara klinis, diantaranya yaitu:

11. Umur Kamu Lebih Panjang

Di banding para penyantap daging, seorang vegetarian bisa hidup 15 tahun lebih lama.

Bila dibandingkan para vegan, renggang hidup pelaku vegetarian lebih panjang 7 tahun. Dagin dan hewani adalah pantangan bagi seoang vegan, termasuk bahan non-daging yang didapat tanpa membunuh seperti telur, susu, keju, yogurt.

22. Kamu Jauh dari Ancaman Kanker

Salah satu hasil penelitian Harvard Nurses Health Study menyebutkan bahwa daging ada hubungannya dengan kanker payudara. The National Cancer Institute mengungkapkan wanita yang sering mengkonsumsi daging setiap harinya mempunyai peluang 4 kali lebih besar terkena kanker payudara di banding yang tidak makan daging setiap hari. Sebaliknya resiko mengidap kanker pada wanita yang melahap sayuran setiap hari berkurang 20-30%.

Kaum vegetarian lebih efektif membunuh sel tumor dari pada sistem kekebalan tubuh para pemakan daging hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang berbeda karena asupan makanan yang lebih terjaga. Sayur mayur melindungi mereka dari kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker kulit.

33. Kamu Melindungi Tubuh dari Pencemaran Zat Berbahaya

Daging, produk hewani lainnya, dan ikan diduga hampir 95% mengandung residu pestisida. Terutama ikan mengandung zat pemicu kanker (dari semprotan pestisida pertanian yang larut di dalam air, seperti DDT dan PCB) dan logam berat (merkuri, arsen, timbal,kadmium).

meskipun ikan telah dicuci, dibekukan, bahkan dimasak, jaringan lemak dalam ikan bisa mengikat racun-racun tersebut sehingga racun tersebut sulit terkikis dan terurai oleh tubuh. Steroid dan hormon juga terkandung dalam daging dan produk hewani lainnya. Membatasi bahan makanan hewani berarti meminimumkan masuknya zat pencemar ke dalam tubuh.

44. Kamu Selalu Lancar Buang Air Besar

Seseorang yang mengkonsumsi banyak serat karena banyak makan sayur jarang mengalami sembelit, penyakit wasir (hemorrhoid), dan gangguan usus.

55. Kesehatan Jantung Kamu Terjaga

Kematian akibat penyakit jantung semakin meningkat, demikian pula dinegara kita. Di Indonesia penyakit jantung sudah menjadi pembunuh nomor satu. Hal semacam ini disebabkan karena salah satunya adalah pola makan yang salah, meningkatnya kadar kolesterol darah, kurang gerak pada badan, dan stres.

Dari satu riset di ketahui kalau anak-anak berusia 5 tahun yang di besarkan dengan banyak mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food) dan makanan miskin gizi (junk food) menampakkan tanda-tanda dini terkena penyakit jantung.

Salah satu tips menu sehat untuk kamu yang seorang vegetarian :

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...

WHAT DO YOU THINK