7 Cara Cepat Mengatasi Rasa Sakit Perut atau Nyeri Haid di Hari Pertama

cara meredakan nyeri haid hari pertama

Menstruasi alias haid yaitu hal yang dialami setiap sebulan sekali oleh seluruh wanita yang memasuki usia puber. Haid ditandai dengan keluarnya sel telur atau darah yg tidak dibuahi melalui saluran vagina. Nah, disini adakah diantara Kamu yang mengalami nyeri saat haid?

Tidak semua orang merasakan nyeri hebat saat menstruasi. Banyak faktor penyebab sakit perut saat menstruasi. Biasanya, nyeri saat sedang haid masih bisa diatasi sendiri hingga tidak memerlukan adanya penanganan dokter. Terdapat beberapa cara meredakan nyeri haid hari pertama :

1. Olahraga Dengan Teratur

cara meredakan nyeri haid hari pertamaCara menghilangkan sakit perut saat menstruasi yang pertama dengan olahraga ringan atau aktivitas sederhana akan mengurangi rasa nyeri saat haid. Olahraga ringan yang bisa dilakukan yaitu bersepeda, berjalan atau berenang. Jangan memaksakan diri dan terlalu berat saat berolahraga. Lakukan saja olahraga yang ringan tapi dengan teratur akan lebih membantu.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi Makanan SehatBerdasarkan studi, rasa nyeri haid bisa dikurangi dengan mengkonsumsi makanan pereda nyeri haid seperti asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin B6 dan B1, dan magnesium. Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur dengan aneka macam warna, ikan, labu, dan makanan lainnya yang mengandung banyak protein nabati.

3. Hindari Rokok Atau Alkohol

Hindari Rokok Atau AlkoholMengonsumsi alkohol dan merokok akan memperburuk kondisi jadi hindarilah kebiasaan buruk itu. Apalagi banyak dampak buruk merokok untuk wanita seperti keriput, gigi kuning dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu harus menghindarinya ya guys.

4. Kegiatan Relaksasi

melakukan Kegiatan RelaksasiRasa nyeri yang muncul saat haid bisa dikurangi dengan pijatan kecil dibagian perut. Kamu bisa juga melakukan yoga dan pilates untuk mengalihkan rasa sakit saat haid. Relaksasi ini perlu dilakukan untuk menenangkan masalah atau fikiran dari beban yang bisa menambah rasa nyeri pada perut.

5. Mandi Air Hangat

Mandi Air HangatKalau bisanya, kamu mandi dengan air biasa atau air dingin, maka cobalah ganti dengan air hangat selama haid. Mandi dengan air hangat akan merelaksasi tubuh kita hingga mengurangi rasa nyeri haid yang ada.

6. Minum Jamu

Minum JamuBanyak ibu-ibu yang mempercayakan kesehatannya pada jamu atau obat tradisional karena dianggap sangat efisien sebagai cara mengatasi nyeri haid dengan cepat.

Kamu bisa membuat sendiri jamu itu di rumah dengan sederhana dan alami seperti 30 gr kunyit, 25 sampai 40 gr daun dewa, dan 700 cc air. Campur dan rebut ketiga bahan tersebut. Sisakan air dan disaring terlebih dulu. Air ramuan itu bisa langsung diminum 2 x perhari. Inilah cara menghilangkan nyeri haid secara alami.

7. Konsultasikan Pada Dokter

Konsultasikan Pada DokterPilihan paling terakhir saat semua penanganan itu tidak memberikan manfaat yaitu mengonsultasikannya ke dokter spesialis. Walaupun rasa nyeri dialami oleh semua wanita saat haid, tapi kalau kamu sudah merasa terganggu dan rasa nyeri itu berlebihan maka kamu memerlukan penanganan yang tepat.

Ladies, itulah beberapa tips mengenai bagaimana cara mengatasi nyeri haid tanpa obat atau cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Sebenarnya nyeri haid ini normal kok, asal kamu masih bisa mengatasinya dan hindari pemakaian obat obatan secara berlebihan ya.


BERIKAN KOMENTAR