8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Semangka untuk KesehatanMeskipun buah semangka tidak mempunyai kandungan serat dan anti-oksidan yang tinggi jika dibanding dengan buah-buahan jenis lainnya, Semangka yang mempunyai kandungan air tinggi ini memiliki kandungan beberapa senyawa tumbuhan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Beberapa senyawa tumbuhan yang terdapat didalam Semangka seperti Citrulline dan Lycopene. Berikut ini Indonesian Free memberikan beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh kita.

1Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi yaitu suatu kondisi di mana tubuh kita kekurangan air mineral. Tanda-tanda dehidrasi yaitu haus, pusing, jarang buang air, mulut kering dan cepat kelelahan. Semangka yang mengandung kandungan air tinggi (91% dari semangka yaitu air) dengan beberapa type mineral ini bisa membantu kita mengatasi dehidrasi.

2Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyakit darah tinggi adalah penyakit yang paling sering menyebabkan kematian. Buah semangka sangat dianjurkan untuk penderita penyakait ini karena mengandung citrulline yang sangat penting untuk tubuh.

Nitrogen Monoksida yaitu molekul-molekul gas yang bisa membantu otot-otot kecil di sekitar pembuluh darah jadi kendur dan melebar sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

3Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam buah semangka terdapat sebuah senyawa yang disebut senyawa asam animo citrulline yang bermanfaat dalam menurunkan darah tinggi.

4Mencegah Penyakit Kanker

Lycopene atau Likopen yaitu pigmen karatenoid yang merupakan anti-oksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti di ketahui, Radikal bebas yaitu penyebab terjadinya penyakit kanker.

5Membantu Sistem Pencernaan

Buah Semangka mengandung kandungan air tinggi dan Serat yang berperan penting dalam sistem pencernaan pada badan kita.

Mengonsumsi makanan yang kandungan air yang tinggi dan berserat bisa membantu usus bergerak secara normal sehingga sistem pencernaan pada tubuh kita bisa bekerja dengan baik.

6Mengatasi Peradangan (Inflammation)

Senyawa Likopen dan vitamin C dalam buah Semangka sangat berfungsi untuk yang anti peradangan dan menurukan kerusakan oksidatif.

7Membantu Meringankan Nyeri Otot

Senyawa asam animo Citrulline yang terkandung dalam buah semangka dapat meringankan nyeri otot. Jus semangka dapat menghilangkan nyeri pada otot, apalagi jika yang mengalami adalah seorang atlet, ini sangat bermanfaat.

8Memelihara Kesehatan Kulit

Buah Semangka memiliki kandungan dua Vitamin penting untuk kesehatan kulit dan rambut yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin C membantu tubuh kita menghasilkan Kolagen yakni protein yang bisa membuat kulit jadi kenyal dan rambut jadi lebih kuat.

Sedangkan Vitamin A bekerja membantu memperbaiki sel kulit yang rusak. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit kita akan tampak kering dan bersisik. Selain Vitamin A dan Vitamin C, senyawa Likopen dan Beta-Karoten yang terdapat dalam buah semangka juga membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...

WHAT DO YOU THINK