9 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut Dalam Keadaan Kosong

“Kamu adalah apa yang kamu makan” itu adalah pepatah yang sudah banyak orang tahu. Tapi apa yang kita lakukan sebelum makan juga memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan kita.

Indonesian free akan memberi tahu kamu tentang 9 hal yang harus kamu hindari saat perut dalam keadaan kosong (kurang lebih2 jam setelah makan terakhir kamu).

1. Minum Obat yang Mengandung Antiinflamasi

makanan yg baik saat perut kosongAspirin, parasetamol, dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (NSAID) tidak dapat dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Tidak hanya mengurangi keefektifannya namun juga menyebabkan masalah kesehatan yang serius (seperti pendarahan lambung).

Saran: Minuman yang baik untuk meredakan NSAID adalah Susu, karena bisa menurunkan efek negatif dari NSAID. Jika tidak ada susu, usahakan minum banyak air putih.

2. Minum kopi

Minum kopiBahkan kopi tanpa kafein dapat merangsang produksi asam yang bisa menyebabkan mulas dan masalah saluran pencernaan lainnya, jika diminum saat perut dalam keadaan kosong. Melewatkan sarapan dan hanya meminum kopi pada pagi hari dapat menyebabkan kekurangan serotonin dan bisa menyebabkan badmood sepanjang hari.

Saran: Jika kamu tidak bisa menghilangkan kebiasaan minum kopi pada pagi hari, konsumsilah kopi dengan susu atau krim: lemak susu akan mengurangi efek negatif dari kafein.

3. Minum alkohol

Minum alkoholTanpa makan, tingkat penyerapan alkohol dalam tubuh meningkat sama seperti injeksi intravena. Sebaliknya, jika ingin menetralisir alkohol dalam tubuh bisa menyebabkan mabuk yang cukup parah. Efek buruk dari minum alkohol bisa berdampak negatif bagi hati, jantung, dan ginjal Anda.

Saran: Jika kamu tidak bisa lepas dari alkohol, berikan preferensi untuk minuman noncarbonated yang bisa diserap lebih lambat. Usahakan makan yang mengandung mentega.

4. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen KaretAsam pencernaan yang dihasilkan saat kamu mengunyah permen karet dapat menghancurkan lapisan perut kosong. Memakan permen karet secara berlebihan bisa menyebabkan gastritis. Hal ini juga terbukti secara ilmiah bahwa orang yang mengunyah permen karet lebih menyukai junk food (kentang goreng, permen) daripada buah dan sayuran.

Saran: Pilihlah permen karet yang mengandung pemanis alami (xylitol, sorbitol) karena lebih aman di bandingkan dengan gula, siklamat, atau aspartam. Hindari mengunyah permen karet selama lebih dari 10 menit, bahkan dalam keadaan pada perut penuh.

5. Tidur

TidurKelaparan bisa menyebabkan kadar glukosa yang menurun, hal ini menyebkan kita susah tidur dan terbangun lebih awal. Menariknya, kurang tidur dapat meningkatkan hormon kelaparan. Inilah alasan mengapa kita makan lebih banyak ketika kita melewatkan makan semalam.

Saran: Makan sebelum tidur adalah ide yang buruk. Solusi terbaik adalah minum susu yang mengandung magnesium dan kalsium. Kandungan ini bisa membuat kamu tertidur dengan pulas.

6. Latihan yang Intensif

Latihan yang IntensifAda pendapat bahwa berolahraga dengan perut kosong membakar lebih banyak kalori. Sebenarnya, itu tidak mempengaruhi lemak. Di sisi lain kehilangan masa otot memang benar adanya. Intensitas latihan juga berkurang karena tubuh kekurangan energi.

Saran: Ganti latihan intens kamu dengan latihan aerobik. Jika kamu memiliki masalah pencernaan, sebaiknya kamu nenakan makanan ringan terlebih dahulu sebelum melakukan exercise. Latihan fisik yang berat bisa memproduksi lebih banyak gastric pada lambung, yang sangat berbahaya bagi perut kosong.

7. Belanja

BelanjaKita semua tahu bahwa kelaparan membuat kita membeli lebih banyak makanan daripada yang kita butuhkan. Padahal, perut kosong membuat kita lebih serakah dalam hal apapun meski di toko non-makanan.

Menurut penelitian, otak yang seharusnya menyuruh “saya ingin makan” namun karena lapar yang sampai ke otak hanya “saya ingin” dan orang yang sedang kelaparan mematuhi pesan yang sudah di sampaikan oleh otak dengan membeli barang-barang secara serakah.

Saran: Buatlah daftar belanja dan membayar dengan uang tunai juga bisa membantu kamu untuk menghemat uang. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa orang cenderung lebih hemat ketika mereka menggunakan uang tunai dari pada kartu kredit.

8. Minum Jus Jeruk

Minum Jus JerukBuah yang tidak boleh dimakan ketika perut kosong adalah buah jeruk. Serat yang asam dan tajam yang terkandung dalam buah sitrus bisa mengiritasi perut kosong kamu dan sangat berbahaya untuk mereka yang menderita gastritis atau berisiko membuat perut kembung.

Saran: Jus jeruk yang segar tidak akan memberi manfaat kecuali jika kamu melarutkannya dengan air dengan perbandingan  1: 1 atau 2: 1.

9. Berdebat

makanan yg baik saat perut kosongPeneliti telah membuktikan bahwa kelaparan membuat kita kurang sabar. Itu terjadi karena pengendalian diri membutuhkan energi, dan karena kekurangan pasokan saat perut kosong menjadikan kita kurang sabar dalam berbagai hal.

Saran: Jika kamu tidak sempat makan sebelum berdiskusi, minumlah sesuatu yang hangat, dan jangan lupa menawarkan pada lawan bicara kamu. Hal ini akan membuat percakapan menjadi lebih bersahabat.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR