Hati-Hati, 5 Bahaya Ini Mengintaimu Akibat Terlalu Sering Melewatkan Sarapan

dampak melewatkan makandampak melewatkan makanKamu pastinya pernah mengalami peristiwa tiba-tiba membentak teman kerja, pasangan, saudara atau rekan hanya karena belum makan dan kelaparan? Istilah hangry adalah suatu kondisi marah yang dipicu saat seseorang berada pada situasi lapar. Saat lapar, kontrol emosi pun jadi tidak stabil dan relatif meluapkan ingin menyerang siapa saja. Freeners, berikut dampak melewatkan makan yang terjadi pada tubuh:

Gula Darah Menurun

Hal pertama yang terjadi saat kamu mulai hangry adalah menurunnya kandungan gula darah. Kalau kandungan gula darah rendah, tubuh kamu mulai melihat ini sebagai ancaman. Karena otak tidak memiliki bahan bakar pilihan untuk tetap berfungsi, kamu akan sulit berkonsentrasi dan cepat merasa jengkel.

Perut Kosong Mengirimkan Sinyal ke Otak

Tubuh memiliki banyak sistem untuk mendorong kita makan agar tidak merasa lapar. Saat gula darah mulai turun, perut mengirimkan sinyal melalui saraf vagus ke otak, hingga kita sangat ingin makan sesuatu. Otak mengirimkan sinyal ke organ lain di tubuh untuk mengindikasikan adanya kondisi darurat yang mungkin terjadi.

Sinyal dari Otak Melepaskan Gula Cadangan

Ada dua hormon utama yang dilepas untuk mendorong tubuh melepaskan gula yang tersimpan hingga kadar gula darah naik lagi yaitu glukagon dan hormon pertumbuhan.

Hormon Stess Meningkat

Karena glukosa yang tersimpan terbatas, otak juga mengirimkan sinyal darurat menyuruh tubuh melepaskan hormon stres dari kelenjar adrenal yaitu hormon epinefrin dan kortisol. Hormon ini dilepaskan untuk mengaktifkan mekanisme “fight or flight” dan memotivasi kamu ke luar dan mencari makanan dengan cara apa pun. Disini hormon-hormon baik mulai berkurang.

Lapar Membuat Kamu ingin Menyerang Siapa Saja

Hanger adalah mekanisme bertahan hidup yang tersisa dari hari-hari ketika makanan tidak selalu tersedia dan kita harus berjuang karenanya. Karena gula darah rendah, kamu akan lebih sensitif dan emosi pada siapapun. Akibat tidak makan siang tersebut menyebabkan kamu akan menyerang atau memarahi siapapun yang berada di dekatmu.

So Freeners, jangan sampai kamu melewatkan jam makan ya agar tidak menimbulkan penyakit akibat pola makan tidak sehat!


BERIKAN KOMENTAR