Kamu Sering Bercukur? Ikuti 4 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam Pada Kulit

cara menghilangkan pori pori setelah bercukur

Banyak wanita yang punya pori-pori gelap di kaki mereka, yang pastinya sangat mengganggu penampilan. Pori-pori ini terlihat seperti bintik-bintik gelap yang biasanya kamu lihat pada buah stroberry. Maka itu, masalah ini sering disebut juga dengan “kaki stroberry”. Kalau kulitmu kuning langsat atau putih, pasti bintik-bintik hitam ini akan terlihat jelas.

Secara medis, kondisi dikenal jadi “komedo terbuka”, yang terjadi saat pori-pori tersumbat dan terbuka dengan minyak, bakteri dan kotoran. Dan saat terkena udara, minyak didalam pori bereaksi dengan oksigen, membuatnya terlihat hitam atau gelap.

Apa yang mengakibatkan pori-pori hitam?

Dalam banyak kasus, wanita sering menemukan pori-pori hitam muncul setelah mereka bercukur. Kalau kamu mencukur kaki memakai silet yang kurang tajam, itu juga akan menarik bulu tanpa menghilangkan folikelnya dengan sempurna, bisa juga memperbesar kemungkinan luka pada kulit, dan bintik-bintik hitam bisa jadi adalah batang rambut yang tidak ikut tercukur dan masih berada di dalam pori-pori. Terbukanya pori karena folikel rambut yang tertinggal biasanya disertai dengan sel kulit mati dan minyak. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, berhentilah mencukur.

Memang sih, mencukur yaitu cara paling mudah, murah dan cepat untuk menyingkirkan bulu kaki. Tapi, kalau kamu memiliki masalah “kaki strobery” dan mau mengatasinya, kamu harus mencari cara lain untuk menyingkirkan bulu ; seperti waxing atau laser.

Tapi kamu bisa kok menghilangkan pori-pori yang menghitam ini dengan beberapa cara menghilangkan pori pori setelah bercukur simple yang bisa kamu lakukan dirumah seperti berikut ini.

1. Gula

cara menghilangkan pori pori setelah bercukurCara menghilangkan iritasi akibat mencukur bisa memakai gula jadi bahan utama untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan cara digosok-gosokkan. Gula mengandung bahan asam gliserol hingga bisa menjaga kulit dari iritasi dan mengembalikan warna asli kulit.

2. Lidah Buaya

cara menghilangkan iritasi akibat mencukur

Cara mengatasi iritasi setelah bercukur kedua memakai Lidah buaya, karena lidah buaya punya kandungan astringen atau mendinginkan hingga sangat baik melawan inflamasi kulit, mengembalikan kelembaban, mengobati iritasi dan warna kulit alami. Cukup hancurkan lidah buaya dan oleskan secara merata sampai kering pada kulit berbintik hitam.

3. Susu

cara mengatasi iritasi setelah bercukurMandi susu, masker susu, atau perawatan berbahan susu sangat bagus karena susu mengandung AHA (alpha hydroxy acids) dan bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik sekaligus menjaga tekstur kulit yang lembut. Pemakaian bahan mengandung AHA bisa juga mengurangi inflamasi iritasi karena alat cukur. Susu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas cukur kumis dan menghilangkan rasa gatal setelah mencukur bulu kemaluan.

4. Asam Sitrat atau Sitrun

iritasi setelah mencukur bulu kakiAsam sitrat adalah senyawa yang terkandung dalam buah-buahan asam seperti lemon, jeruk nipis dan lainnya. Cukup peras dan oles bahan tersebut sebagai masker di kaki, buah yang mengandung asam bisa menutrisi kulit hingga bisa mengobati inflamasi karena bercukur dan mengembalikan warna asli kulit. Tapi kalau kulitmu sensitif, jangan coba dan terlalu sering melakukanya ya.

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa kamu pakai untuk atasi iritasi setelah mencukur bulu kaki, mengembalikan warna kulit dan menghilangkan bintik hitam pada pori-pori setelah bercukur. Semoga bermanfaat.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR