Waspadai Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Gadget

Di jaman yang serba digital ini, tidak melihat layar komputer atau hp dalam sehari saja rasanya sebuah kemustahilan, tapi di satu sisi hal tersebut juga tidak baik. Kamu harus tahu, hal-hal ini yang akan terjadi pada tubuh akibat terlalu lama menatap layar hp.

Membuat Mata Tegang

dampak main hpHal yang satu ini nyaris pasti sudah dirasakan oleh pengguna aktif laptop dan hp. Kalau kamu mau mengurangi ini, cobalah untuk memilih salah satu untuk ditatap, laptop atau hp dalam satu waktu.

Penglihatan Buram

akibat bermain gadget terlalu lamaDampak main hp membuat mata jadi kering, sakit sampai benar-benar kabur. Cara menghindarinya yaitu istirahat sejenak dari layar laptop dan hp.

Timbul Rasa Cemas atau Khawatir

bahaya main hp sambil tidurAkibat bermain gadget terlalu lama bisa menyebabkan kekhawatiran sosial, menurut Elwood Watson dari Diverse : Issues in Higher Education.

” Sebagai seorang profesor perguruan tinggi, saya melihat ketidakmampuan untuk berkomunikasi langsung dengan manusia lain. Sebenarnya, saya sudah melihat siswa yang berjalan berdampingan tapi tidak saling berbicara satu sama lain. ”

Sakit Punggung dan Leher

efek main hp terusMemandang layar bisa merubah postur tubuh tanpa kamu sadari, sehingga mengakibatkan bahaya main hp sambil tidur seperti sakit punggung dan leher kalau kamu melakukan ini setiap hari. Coba untuk melakukan aturan 20-20-20, untuk setiap 20 menit yang kamu habiskan di komputer kamu, luangkan waktu 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak minimal 20 langkah.

Kerusakan Otak

dampak menatap layar hpTerlalu lama memandang layar bisa mengakibatkan perubahan struktural dan fungsional pada otak kamu, lho! Termasuk atrophy dibagian otak yang mengontrol perencanaan, prioritas, dan kontrol impuls. Pada dasarnya, saat otak kamu benar-benar konsentrasi pada layar laptop atau hp di sebagian besar hari, ini berarti kamu tidak bisa cukup waktu untuk melatih bagian otak yang lain.

So, Freeners, mulai batasi aktivitas kita yang melihat layar komputer dan hp, ya!


BERIKAN KOMENTAR