Berapa Banyak Jumlah Kalori yang Kamu Butuhkan Per Hari?

jumlah kalori yang diperlukan tubuh dalam sehariKalau mau punya berat badan yang ideal, satu hal yang perlu kamu lakukan yaitu tidak makan secara berlebihan. Setiap makanan punya kalori dan tubuh memerlukannya agar kamu bisa beraktivitas normal. Hanya saja, mengonsumsi kalori secara berlebihan tidak baik buat tubuh, karena akan diubah dan disimpan jadi lemak di badan.

Itulah kenapa kamu perlu tahu berapa banyak jumlah kalori yang diperlukan tubuh dalam sehari. Seperti diambil dalam situs Goodhousekeeping, jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh per hari didasarkan pada tingkat metabolisme basal tubuh, bersamaan dengan seberapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan.

Yang dimaksud metabolisme basal yaitu energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas penting untuk kehidupan, seperti pencernaan dan pernapasan. Perhitungan standar kalori perhari ini meliputi sekitar 70% dari total keseluruhan kebutuhan kalori harian kamu, jadi sangat penting untuk memastikan kamu sudah memenuhi kalori tubuh dengan benar.

pengertian metabolisme basalSeperti yang disebutkan oleh ahli nutrisi dari Amerika, Felicia Stoler, DCN, MS, RD, FACSM, “Saya tidak menyarankan mengonsumsi kalori lebih dari 1.600 kalori/hari, kalau tinggi badan kurang dari 150 cm.” Tapi sudah pasti kebutuhan jumlah kalori dalam makanan seseorang tergantung dari aktivitas hariannya. Makin aktif kamu, maka semakin tinggi juga kebutuhan energi yang diperlukan tubuh.

Tapi pastikan juga kamu tidak makan terlalu sedikit, karena kekurangan kalori juga akan membuat badan kekurangan nutrisi hingga tidak bisa menjalankan fungsi organ dengan maksimal. Kamu bisa gampang sakit kalau dalam kondisi seperti ini.

Jadi, intinya sebenarnya sangat simpel, kamu hanya perlu memastikan sudah mengonsumsi kalori yang dibutuhkan saat diet sesuai dengan aktivitas fisik setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjaga berat badan tetap ideal.


BERIKAN KOMENTAR