Kandungan-kandungan Nutrisi atau Gizi dalam Wortel menjadikannya sebagai makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Indonesian Free merangkum beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh kita.

1Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Wortel bagi kesehatan yang paling sering kita dengar mungkin yaitu manfaat wortel untuk menjaga kesehatan mata kita. Hal ini sangat beralasan karena Wortel memiliki kandungan sekitar 835µg Vitamin A pada setial 100gram-nya. Kandungan Vitamin A itu adalah 93% dari kebutuhan harian kita pada Vitamin A.

Seperti yang kita ketahui, Vitamin A adalah vitamin yang begitu penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan alat indera penglihatan kita ini. Selain Vitamin A, Wortel juga memiliki kandungan Lutein dan Beta-Karoten yang berguna bagi kesehatan mata kita.

2Menurunkan Resiko Kanker

Beberapa riset menunjukan kalau nutrisi atau gizi yang terdapat pada Wortel terutama Karoten bisa menurunkan resiko terkenanya kanker seperti kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolon dan kanker payudara.

3Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Sebuah riset menunjukan kalau Karotenoid bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Karotenoid yaitu golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang ada pada pigmen alami tumbuhan dan hewan. Kandungan Beta-Karoten, Alpha-Karoten dan Lutein yang ada pada Wortel yang disebut anggota dari Keluarga Karatenoid.

4Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung juga dapat di turunkan dengan mengkonsumsi wortel secara teratur. Serat larut atau Soluble Fiber pada Wortel bisa mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu sehingga tak diserap dalam usus halus tetapi membuangnya melalui usus besar.

Untuk menggantikan asam empedu yang hilang, hati akan menarik kolesterol dari darah. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam darah akan menurun.

5Menjaga Kesehatah Kulit

Vitamin A yang terkandung dalam Wortel bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi dan warna kulit yg tidak rata. Selain pada kulit, Kekurangan Vitamin A akan menyebabkan kekeringan pada rambut dan kuku.

6Memperlambat Penuaan

Tingginya Beta-karoten pada Wortel berperan sebagai anti-oksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan hingga membantu memperlambat penuaan.

7Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung dalam Wortel bisa meningkatkan feses sampai 25% sehingga bisa mengatasi permasalahan sembelit. Karena sayuran sangat berperan penting dalam proses pencernaan.

SHARE
Nikmatus Solihah
Aku tuh suka banget baca.. terus mengaplikasikan kembali lewat tulisan2.. abis itu belajar mempraktekkan didunia nyata.. Selain itu aku suka makan baso :D

WHAT DO YOU THINK