5 Cara Paling Jitu dan Efektif Untuk Mengatasi Demam dan Flu Secara Alami

cara mengatasi demam saat musim hujanSiapa yang ingin sakit? Bahkan kalau itu hanya demam dan flu. Tapi bagaimana kalau kesehatan sedang mengalami penurunan dan kamu ternyata harus mengalaminya? Bukan cuma istirahat yang kamu perlukan. Cara mengatasi demam saat musim hujan ini yang perlu kamu lakukan agar penyakit cepat pergi.

Demam sendiri yaitu gejala yang datang bersamaan dengan flu atau pilek, yang diikuti dengan fluktuasi temperatur badan.

1. Cek Suhu Badan dengan Termometer

Kalau kamu merasa badanmu panas, cobalah cek berapa kenaikan suhu badan dengan termometer. Badan kamu sudah dibilang demam kalau suhunya mencapai 38 derajat Celcius. Hal tersebut bisa membantu mengetahui apakah kamu memang benar demam atau hanya mengalami fluktuasi suhu badan biasa.

2. Minum Banyak Air

Kalau demam dan flu menyerang, perbanyaklah minum air putih. Karena demam akan membuat kamu dehidrasi dan cairan badan akan banyak berkurang. Air hangat, teh, bahkan sup ayam pun mungkin saja pilihan menambah cairan badan. Beberapa dokter bahkan merekomendasikan untuk minum minuman yang memiliki kandungan elektrolit.

3. Nafsu Makan Turun? Jangan Paksakan Makan

Seringkali orang yang mengalami demam karena badan sedang melawan infeksi virus, akan mengalami turunnya nafsu makan dengan drastis. Kalau kamu memang tidak ingin makan, maka janganlah paksakan makan. Kalopun ingin makan, konsumsilah makanan hangat dan dianjurkan makan sup kaldu ayam karena bisa membantu mempercepat pengobatan.

4. Kompres Badan

Kalau kamu harus bed rest, sediakan kompres di samping tempat tidur. Kompres kepala dan bagian yang di rasa sangat panas atau membuat kamu tidak nyaman. Gunakan air dingin atau air hangat, mana saja yang membuat kamu paling nyaman. Mengompres memang tidak bisa mencegah penyakit musim hujan tapi paling tidak mengurangi rasa tidak nyaman karena badan panas.

5. Istirahat Total dan Minum Obat

Kurangi aktivitas fisik dan membuat kamu memutar otak. Istirahat total dengan cara berbaring dan tidur yaitu yang terbaik agar cepat pulih. Minum obat agar demam cepat turun dan kamu cepat tertidur. Badan demam yaitu tanda kalau imun badan sedang melawan virus, jadi agar lebih maksimal, istirahatlah total.

Itu dia yang cara bisa kamu kerjakan kalau sedang mengalami penyakit yang sering terjadi pada musim hujan, untuk segera pulih, maka kerjakanlah demikian hal diatas ya Freeners. Cuaca sedang tidak enak, jagalah kesehatan ya!


BERIKAN KOMENTAR