Mengetahui Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya Sejak Awal

kenali ciri diabetes sedini mungkinPenyakit diabetes bisa dibilang “silent killer”. Mengapa? Karena terkadang gejalanya tidak disadari tapi di saat tidak terduga bisa memberi efek yang membahayakan. Telat mengetahui gejalanya sangat berisiko tinggi.

Freeners, yuk kita kenali ciri diabetes sedini mungkin. Semakin dini kita mengenalinya, maka makin cepat kita bisa melakukan tindak pencegahan dan penanganannya. Secara umum gejala diabetes itu ada lima. Berikut cara kenali ciri diabetes sedini mungkin.

1. Mudah Haus dan Lapar

Saat seseorang terkena diabetes, gejala awal tubuhnya selalu merasa lapar karena kadar insulin yg tidak seimbang. Padahal insulin ini punya peranan penting mengeluarkan glukosa dari makanan kedalam sel tubuh dan diubah jadi energi. Selain itu seseorang jadi mudah haus karena diabetes meningkatkan kadar gula darah dan menghambat ginjal menerima glukosa, sehingga membuat tubuh terus mengeluarkan urin. Kalau nafsu minum serta makan semakin tidak terkendali, waspadai gejala ringan diabetes ini, ya Freeners.

2. Berat Badan Menurun Drastis

Gejala umum diabetes pada anak dan wanita, khususnya Tipe 1 yaitu berat badan yang turun drastis. Saat pankreas berhenti bekerja, tubuh mencari cara lain untuk memecah glukosa darah. Salah satu caranya yaitu dengan memecah lemak didalam tubuh yang menyebabkan turunnya berat badan secara drastis.

3. Mual dan Muntah

Tanpa insulin, tubuh juga akan menyedot lemak yang menyebabkan peningkatkan keton didalam tubuh. Saat tubuh kebanyakan keton, perut juga akan terasa mual dan bisa mengakibatkan muntah. Kalau kadar keton lebih dari batas normal, bisa mengakibatkan diabetic ketoacidosis yang bisa mengancam jiwa apabila tidak segera ditangani secara cepat.

4. Bolak-Balik Buang Air Kecil

Karena tubuh kekurangan insulin, maka tubuh mencari cara lain untuk memecah gula. Sehingga beberapa sel dari dalam aliran darah digunakan dan dialirkan ke ginjal yang membuat ginjal bekerja lebih keras. Akibatnya frekuensi buang air kecil jadi meningkat.

5. Kaki Mati Rasa

Makin tinggi gula darah, makin besar dampaknya pada organ-organ tubuh. Salah satu akibatnya yaitu bisa mengakibatkan kerusakan saraf di sistem tubuh, gejala diabetes pada kaki bisa mati rasa. Kalau kaki mati rasa, sebaiknya segera memperiksakan-diri ke dokter. lakukan tes darah karena gejalanya mungkin mirip dengan gejala penyakit lain.

Kalau kamu merasakan beberapa ciri-ciri diabetes kering itu, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter, ya Freeners. Jangan sampai cuek dan bikin semuanya terlambat.


BERIKAN KOMENTAR