Tips Agar Kamu Tetap Segar Saat Menjalankan Ibadah Berpuasa

Pada dasarnya, cadangan energi dalam tubuh bisa bertahan pada 24 hingga 48 jam, sementara puasa hanya memakan waktu sekitar 14 jam. Yang terpenting yaitu bagaimana kamu mengelola kebutuhan energi yang dibutuhkan tubuh.

Untuk itu, sangat penting memperhatikan pengaturan makan dan minum saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh tetap segar dan bugar sepanjang hari selama berpuasa.

Agar kondisi tetap prima meski tengah berpuasa, simak tips kesehatan berikut ini.

1. Tips Berpuasa dengan Perbanyak Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Saat Sahur

Kamu disarankan mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan ketika sahur, untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Mengkonsumsi serat yang memadai bisa membantu untuk menambah energi tubuh ketika beraktivitas berat. Serat juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, oleh karena itu dengan mengonsumsi makanan penuh serat, rasa lapar dapat tertunda. Tips ini dianggap sangat efektif dalam menjaga stamina kamu ketika berpuasa.

2. Minum Banyak Air Putih Pada Malam Sebelum Sahur

Untuk menghindari rasa capek akibat banyak melakukan aktivitas, maka sangat disarankan bagi kamu untuk perbanyak mengkonsumsi air putih saat malam sebelum sahur. Tips satu ini sangat disarankan untuk kamu yang takut kembung meminum air di saat sahur. Dengan meminum air yang cukup pada malam hari, kamu masih memiliki asupan air yang cukup di saat sahur nanti, sehingga kamu tak perlu meminum banyak air yang mengakibatkan kamu kembung di saat shalat subuh nanti.

3. Jauhi Minum Kopi Saat Sahur

Kopi juga adalah salah satu jenis minuman yg tidak dianjurkan saat sahur. Pasalnya, kopi akan merangsang tubuh untuk sering buang air kecil sehingga kadar air dalam tubuh akan cepat terkuras. Alhasil, tubuh akan merasa lemas dan mengalami dehidrasi.

4. Jangan Terlalu Kenyang Saat Sahur

Makan memang suatu kebutuhan biologis manusia yang sangat penting. Tetapi jika jumlah makan yang masuk kedalam tubuh sangat banyak, hal itu justru akan membuat tubuh terasa lemas dan lesu yang akhirnya membuat seseorang malas dalam beraktifitas. Jadi hindarilah makan terlalu kenyang di waktu sahur.

Sebaliknya, jangan pula terlalu sedikit makan saat sahur. Karna hal itu bakal membuat tubuh kita kekurangan tenaga saat melakukan aktifitas di siang hari. Walau terasa berat, sangat penting untuk memastikan kalau asupan makan yang masuk kedalam tubuh saat sahur itu cukup sebagai bekal energi untuk beraktifitas sepanjang hari.

5. Mengkonsumsi Vitamin Untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Selain memperbanyak konsumsi serat, kamu juga harus mengonsumsi banyak vitamin untuk menunjang kebugaran tubuh kamu. Tips yang satu ini menyarankan kamu agar memperbanyak mengkonsumsi vitamin A, B, dan C ketika berpuasa. Vitamin-vitamin ini dapat kamu konsumsi dalam bentuk suplemen atau tablet yang banyak di jual di apotek. Tetapi jika kamu sudah konsumsi sayuran atau buah-buahan berwarna kuning, merah, atau hijau tua pada saat sahur, jadi kamu tidak usah lagi menambah konsumsi vitamin yang disebutkan diatas

6. Berbuka dengan Yang Manis

Nabi SAW menganjurkan agar memulai berbuka puasa dengan makanan yang manis seperti kurma. Ternyata pesan nabi itu mengandung manfaat kesehatan yang luar biasa untuk orang yang berpuasa. Kurma menyimpan kandungan serat dan gula yang begitu tinggi sehingga dengan cepat mengembalikan energi yang terkuras seharian selama menjalankan puasa. Kamu dapat mengawali waktu berbuka puasa dengan menu ringan seperti kurma dan kolak.

7. Olahraga Sebagai Kegiatan Ngabuburit

Untuk kamu yang menyukai kegiatan olahraga, tips berpuasa satu ini sangat disarankan untuk kamu. Tidak usah menghentikan aktivitas olahraga kamu saat bulan puasa, karna sebenarnya, olahraga di bulan puasa sangat menolong untuk menjaga tubuh tetap bugar. Untuk menghindari perasaan haus sesudah olahraga, baiknya kamu berolahraga dua atau tiga jam menjelang berbuka puasa. Pada tips berpuasa yang ini, kamu disarankan untuk menurunkan intensitas olahraga kamu, karna bagaimanapun, kondisi tubuh kamu berbeda dengan pada saat kamu tidak berpuasa.

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...