cara menjadi dosen yang baikBeberapa dari kamu mungkin ingin mendapatkan solusi bagaimana caranya menghadapi dan menarik hati dosen. Apakah reputasi dosen saat ini sudah buruk di mata mahasiswa?

Nah, buat kamu yang ingin menjadi dosen, sebaiknya mengetahui apa saja kriteria dosen yang disukai mahasiswa. Berikut ulasannya:

Membiarkan mahasiswanya menjadi aktif

Di jenjang perguruan tinggi, proses belajar mengajar itu sifatrnya learner-centered. Dengan kata lain, peserta didik yang menjadi pusatnya. Tak ada lagi kewajiban memberikan materi dari awal sampai akhir seperti halnya guru di sekolah. Dosen yang baik itu menjadikan mahasiswa lebih aktif terlibat dalam diskusi.

Menggunakan metode dan media yang bervariasi

Dosen yang kreatif pasti disukai oleh mahasiswa. Dengan kata lain, ia tidak hanya menggunakan satu metode atau media belajar saja karena hal ini tentu akan terasa membosankan. Untuk penggunaan media, tentunya dapat tergantung dengan fasilitas yang disediakan kampus atau dapat diciptakan sendiri.

Memotivasi dan menginspirasi mahasiswanya

Tugas tenaga pengajar bukanlah sekedar memberikan pengetahuan kepada peserta didik. Yang terpenting itu yaitu memberikan motivasi dan inspirasi.Mahasiswa pastinya akan menyukai dosen yang menginspirasi dari segi kerapian, kedisplinan, kecerdasan, rasa percaya diri, dll.

Memberikan penilaian secara objektif

Mahasiswa akan respect dengan dosen yang memberikan penilaian secara objektif. Penentuan nilai harus sesuai dengan sistem grading yang sudah dijelaskan di awal perkuliahan atau yang tertera di silabus.

Jadi, ciri-ciri dosen yang disukai mahasiswa itu bukanlah yang mau memberi nilai bagus karena disogok atau yang menerangkan semua materi dari awal sampai habis.

SHARE
Imam Budianto
Berbagi melalui tulisan adalah cara termudah beramal :)

WHAT DO YOU THINK