12 Cara Mudah Mengetahui Tanda Komputer Kamu Sedang Diretas

Serangan cyber sangat sering terjadi, dan semua orang khawatir akan keamanan data mereka. Untuk mencegah agar kata sandi dan data penting kamu dicuri, kamu harus memperhatikan perubahan pada komputer kamu.

Indonesian free ingin kamu mengetahui tanda komputer di retas dan bagaimana memeriksa apakah komputer kamu telah diretas. Jika kamu tahu itu, kami akan memberi tahu kamu apa yang harus dilakukan jika komputer kamu sedang di remote, diawasi atau di hack oleh hacker.

1. Antivirus dimatikan

tanda komputer di retasJika kamu tidak mematikan antivirus tapi kamu menyadari bahwa antivirus itu tidak aktif, komputer kamu ada kemungkinan besar akan diretas. Antivirus tidak bisa dimatikan sendiri. Hal pertama yang dilakukan hacker adalah mematikan antivirus agar mudah mengakses file kamu.

2. Kata Sandi Tidak Bekerja

cara mengetahui komputer kita di remoteKalau kamu tidak mengubah kata sandi tapi kata sandi berhenti bekerja tiba-tiba dan kamu tidak dapat mengakses akun kamu. Nah, kamu harus waspada, komputer kamu kemungkinan besar akan diretas.

3. Jumlah Teman tiba-tiba Bertambah Banyak

cara mengetahui komputer kita sedang diawasiKalau kamu melihat bahwa tiba-tiba memiliki lebih banyak teman di jaringan sosial kamu yang tidak kamu kenal dan tidak ingat kapan menambahkannya, itu berarti akun  kamu telah diretas dan digunakan untuk mengirim spam.

4. Ikon Baru Muncul di Dasbor

cara mengetahui komputer yang di hacker
© Pexels

Saat membuka peramban dan melihat ikon baru di dasbor, ini mungkin merupakan tanda infiltrasi beberapa kode berbahaya ke komputer kamu.

5. Kursor Bergerak Sendiri

cara mengetahui komputer yang di hacker
© Stack Overflow

Jika kamu melihat bahwa kursor kamu bergerak sendiri dan menyoroti sesuatu, komputer kamu pasti akan diretas.

Printer Kamu Tidak Berfungsi Sebagaimana Mestinya

Tanda-tanda serangan cyber tidak hanya mempengaruhi komputer itu sendiri tapi juga printer kamu. Misalnya, ketika ia menolak mencetak atau mencetak sesuatu yang tidak kamu inginkan.

6. Kamu Diteruskan ke Berbagai Situs Web

cara mengamankan komputer dari serangan hacker
© Luigi Rosa/Flickr

Jika browser kamu terus meneruskan ke situs web yang berbeda, saatnya untuk waspada. Hal yang sama berlaku untuk situasi saat kamu mengetik sesuatu ke mesin pencari dan bukan halaman Google, kamu pergi ke halaman lain yang tidak kamu kenal. Jika kamu sering melihat jendela pop-up, itu juga menandakan sebuah hack.

7. File Dihapus Oleh Orang Lain

cara mengetahui jaringan internet kita di hack
© Depositphotos

Komputer kamu pasti diretas jika kamu memperhatikan bahwa beberapa program atau file kamu telah dihapus tanpa sepengetahuan kamu.

8. Data Pribadi Kamu Ada di Internet, Meski Kamu Tidak Meletakkannya di Sana

tanda komputer di retasPeriksa ini dengan menggunakan mesin pencarian kamu: cari informasi tentang diri kamu yang sebenarnya tidak kamu taruh di media online. Jika kamu menemukannya, komputer kamu diretas untuk mencuri informasi.

9. Kamu Menerima Peringatan Antivirus Palsu

tanda komputer di retasJika kamu melihat peringatan antivirus namun tampilannya berbeda dari biasanya, ini adalah tanda jelas adanya hack. Tanda buruk lainnya adalah jika kamu memiliki antivirus baru yang tidak kamu instal.

10.Ada Perilaku Webcam yang Tidak Biasa

tanda komputer di retas
© Valerio Lorenzoni/Wikimedia Commons

Periksa webcam kamu: jika indikatornya berkedip dengan sendirinya, reboot komputer dan periksa apakah akan berkedip lagi sekitar 10 menit. Jika ya, itu berarti komputer kamu diretas.

11. Komputer Bekerja Sangat Lambat

tanda komputer di retas
© Pexels

Jika operasi yang paling sederhana  saja membuat komputer kamu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya, dan jika kamu melihat penurunan kecepatan koneksi internet yang signifikan, itu mungkin berarti seseorang meretas komputer kamu.

Apa yang harus kamu lakukan:

  • Peringatkan teman kamu dan orang lain kepada siapa kamu mengirim email bahwa komputer kamu telah diretas. Beritahu mereka untuk tidak membuka pesan dari kamu dan jangan mengklik tautan dari kamu.
  • Beritahu bank kamu tentang kemungkinan kebocoran data pribadi kamu. Cari tahu bagaimana melindungi uang kamu.
  • Hapus semua program yang tidak kamu kenal dan juga yang tidak dapat kamu gunakan.
  • Instal antivirus yang handal, dan scan sistem kamu. Beberapa perusahaan membuat versi percobaan.
  • Ubah kata sandi di semua akun kamu.
  • Jika masih merasa masalah tidak terpecahkan, tanyakan pada spesialis.

Artikel Menarik Lainnya

 


BERIKAN KOMENTAR