Inilah 5 Tips Dasar Mengelola Keuangan di Tahun 2018, Untuk Kamu Anak Muda!

rencana keuangan pribadiTahun baru 2018 sebentar lagi. Apa saja yang sudah kamu persiapkan? Well, agar tahun 2018 lebih sukses dibandingkan tahun sebelumnya persiapkan semuanya lebih baik lagi. Kalau tahun 2017 kamu masih sering keteteran dengan rencana keuangan pribadi, maka tahun depan harus lebih baik lagi.

Freeners, berikut adalah resolusi keuangan di tahun 2018 yang perlu kamu persiapkan. Yuk, simak cara mengatur keuangan pribadi remaja berikut ini.

Pahami yang Menjadi Tujuan Jangka Panjang Keuanganmu

Pastikan kamu mengetahui rencana jangka panjang keuangan kamu, seberapa banyakpun kamu akan membeli aset. Dengan mengetahui perencanaan keuangan pribadi jangka panjang akan membantu kamu untuk lebih sukses dan bisa mematuhi anggaran yang sudah kamu bikin dengan sebaik mungkin.

Buat Perencanaan

Apa pun yang kamu inginkan di tahun 2018 pastikan kamu membuat rencana. Buat rencana dan upayakan untuk mematuhinya. Rencanakan pengeluaran kamu di tahun 2018 dan pastikan untuk mencatat dengan detil semua pengeluaranmu. Hal tersebut penting untuk membantu mengevaluasi pengeluaran yang tidak penting.

Jangan Lupa untuk Menabung

Mulai untuk konsisten dalam menabung. Well, yang kamu perlukan yaitu prinsip untuk selalu menyisihkan pendapatan kamu dengan konsisten untuk ditabung. Kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang bukan? Maka persiapkan semuanya dengan sebaik mungkin.

Investasikan Pendapatan Kamu

Untuk mengatur keuangan pribadi mahasiswa, yang perlu kamu perhatikan adalah untuk mulai belajar berinvestasi. Kamu bisa memulai investasi pendapatan kamu dalam beragam bentuk investasi yang menguntungkan. Mulai dengan investasi dengan minim resiko, misalnya investasi logam mulai. nilainya yang pastinya akan mempermudah kamu.

Kurangi Pengeluaran

Batasi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Mulai atur keuangan kamu dengan mulai memisahkan mana yang kebutuhan atau sebatas keinginan saja. Walaupun tidak menyenangkan, mengurangi pengeluaran sangat penting untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil.

Freeners demikianlah resolusi keuangan 2018 yang bisa kamu kerjakan. Punya rencana keuangan yang berbeda? Share yuk di kolom komentar.


BERIKAN KOMENTAR