Mau Bayar Tagihan Listrik Lebih Hemat? Begini Caranya!

Pemerintah hapus subsidi tarif listrik 900 VA. Akhirnya, biaya tagihan listrik rumah tangga juga bertambah. Tangani biaya keuangan yang membengkak dengan cara menghemat tagihan listrik di bawah ini!

Program subsidi listrik dari pemerintah memang sudah tidak berlaku sekali lagi untuk pelanggan PLN. Jika terlebih dulu penghapusan subsidi listrik cuma untuk pelanggan dengan golongan 1. 300 VA ke atas, saat ini pemerintah memperluas sampai pada golongan 900 VA.

Penambahan tarif listrik daya 900 VA sudah dikerjakan sejumlah 3 kali pada th. ini, dengan kenaikan sejumlah 32% setiap periodenya.

Kenaikan Tarif Listrik Daya 900 VA

Ketentuan penghilangan subsidi itu tercantum dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 28 Tahun 2016 mengenai Tarif Tenaga Listrik PT PLN. Dijelaskan tarif non subsidi berlaku untuk rumah tangga daya 900 VA yang mempunyai kemampuan dengan ekonomi.

Kebijakan ini diperkuat dengan Ketentuan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016 mengenai Mekanisme Pemberian Subsidi Tarif Tenaga Listrik Untuk Rumah Tangga. Tarif listrik memanglah sering jadi sumber pengeluaran yang cukup besar untuk setiap rumah tangga.

Pada 2017, kenaikan tarif listrik ini dibagi dalam 3 periode, yakni :

  • Januari 2017 : Naik dari Rp 585 per KWh jadi Rp 774 per KWh
  • Maret 2017 : Naik jadi Rp 1. 023 per KWh
  • Mei 2017 : Naik jadi Rp 1. 352 per KWh

Panduan Hemat Listrik

Berdasar pada ketentuan dari Presiden RI Joko Widodo, tarif listrik tidak akan alami kenaikan sampai 31 Desember 2017. Meskipun demikian, sesudah penambahan di bulan Mei 2017, pemerintah sudah hentikan subsidi dan tarif listrikpun ikuti perubahan nilai inflasi, harga minyak, dan nilai tukar rupiah.

Dengan otomatis, jika rupiah melemah, harga minyak dan inflasi bertambah, peluang tarif listrik akan turut naik. Sediakan diri Kamu dengan memerhatikan beberapa hal tersebut untuk menghadapi saat keadaan itu berlangsung :

1. Cabut Kabel dan Matikan Lampu

Nyatanya, walaupun tidak sedang dipakai, kabel yang tetaplah tercolok masih tetap mengalirkan listrik. Hal semacam ini menyebabkan pada pemakaian listrik yang terbuang sia-sia. Oleh karenanya, awalilah lakukan diri selalu untuk mencabut kabel dari saklar selesai memakainya.

Penggunaan lampu di siang hari saat ada sinar matahari yaitu satu pemborosan yang buat tagihan listrik meninggi. Jauhi juga meninggalkan perlengkapan elektronik dalam kondisi menyala saat tidur.

2. Gunakan AC Sesuai Kebutuhan

Indonesia memang mempunyai iklim tropis hingga keperluan akan AC cukup tinggi. Kamu bisa saja memakai AC, tetapi pakai dengan cara yang bijaksana. Umpamanya, atur suhu sesuai luas tempat dan banyak orang. Sebab, AC dengan suhu paling kecil dapat membuat tagihan listrik membengkak.

3. Pakai Listrik Token

Dengan memakai listrik token atau system pulsa Kamu dapat lebih gampang mengontrol tagihan sehari-hari. Diluar itu, penggunaan listrik dapat juga lebih sesuai dengan angaran belanja. Kamu juga akan tidak terkena denda karena keterlambatan membayar tagihan.

Sistem ini hindari kekeliruan dalam pencatatan meteran listrik oleh petugas PLN.

4. Waspadai Barang Boros Listrik

Terdapat banyak jenis beberapa barang elektronik yang menelan daya listrik dalam jumlah banyak. Contoh, setrika (300 watt), microwave (600 watt), dispenser (80 – 450 watt), mesin pencuci (250 – 300 watt). Mengakibatkan, penyebab tagihan listrik mahal karna lonjakan pada tagihan listrik Kamu. Oleh karenanya, cermati pemakaiannya atau tentukan benda dengan daya rendah.

Penghematan pada pemakaian listrik tidak ada kelirunya. Mengingat keadaan bumi makin tua, paling tidak lakukan penyadaran sendiri untuk berperan serta dalam menghemat listrik.

Keuntungan beda yang dapat Kamu kerjakan dengan menghemat listrik sudah pasti berguna supaya tagihan tetap termonitor. Jadi, tidak ada kelirunya kan untuk melakukan penghematan listrik?


BERIKAN KOMENTAR