Cara Membuat Anting Rumbai dengan Liontin Sparkle

cara membuat anting rumbai

Kali ini, Indonesian free ingin berkreasi dengan rumbai atau yang biasa di sebut dengan tassel. Tassel sendiri banyak menjadi aksesoris di hijab, gelang, gantungan kunci, kalung, baju hingga anting. Nah, tapi untuk kali ini kita akan memberikan tutorial cara membuat anting rumbai dengan liontin sparkle yang sederhana. Mau tahu? Check this out!

Alat dan bahan:

  • Lem resin AB
  • Cetakan silicon
  • Benang bordir berwarna
  • Sparkle
  • Alat bor
  • Gunting, pinset, tang dan sebagainya

Langkah 1: Pencampuran Resin dan Lem

bahan pembuatan tasselProporsi lem A dan lem B adalah 3: 1. Gunakan gelas pengukur untuk mendapatkan lem A dan lem B secara terpisah ke dalam wadah. Campur 2 perekat dan aduk rata. Kemudian simpan selama beberapa menit agar gelembung-gelembung itu hilang.

Note: Wadahnya bisa dimasukkan ke dalam air hangat agar gelembung hilang lebih cepat.

Langkah 2: Mulai Mencetak

benang untuk membuat tasselCampuran resin dan lem di masukkan ke dalam cetakan, lakukan dengan hati-hati dan jangan mengisinya sampai penuh. Cukup isi setengah dari wadah. Masukkan sparkle ke tiap tiap cetakan dengan warna yang berbeda-beda. Diamkan selama 12 jam agar sparkle mengisi cetakan secara merata.

Langkah 3: Pembuatan Rumbai (bisa dilakukan tanpa cetakan)

benang untuk membuat tasselSiapkan benang bordir dengan berbagai warna dan letakkan di atas meja dengan baik. Pilih warna hitam, abu-abu, hijau dan biru sesuai warna liontin yang kamu cetak dengan sparkle. Pilih satu benang untuk dicadangkan lalu lipat benang sesuai dengan ukuran rumbai yang kamu inginkan. Setelah melipat, gunakan back up yang kita pilih sebelumnya untuk mengikat simpul di bagian tengahnya.

Langkah 4: Pembuatan Rumbai (bisa dilakukan tanpa cetakan)

cara membuat tassel dari benang wolGunakan jarum untuk membentuk rumbai. Caranya : masukkan warna benang yang sama ke dalam jarum dan lipat benang menjadi dua. Pastikan posisi benang rapih. Kemudian ujung benang yang tersambung dengan jarung lilit ke bagian depan dan ikat yang kuat. Bentuk rumbai sudah hampir jadi.

Langkah 5: Pembuatan Rumbai (bisa dilakukan tanpa cetakan)

bahan pembuatan tasselPotong bagian ekstra benang dan gunakan kertas untuk mengikat rumbai sehingga akan menunjukkan bagian yang tidak beraturan. Gunakan gunting untuk memangkas bagian tak beraturan agar bisa mendapatkan rumbai yang bagus.

Langkah 6: Mold Off dan Punching

cara membuat gelang naylaSetelah menunggu selama 12 jam, lem resin kering dan lepaskan dari cetakan. Cetakan tidak memiliki lubang untuk pencocokan sehingga kita akan menggunakan alat pengeboran untuk mengebor lubang pada liontin sparkle yang sudah jadi.

Langkah 7: Menggabungkan

cara membuat gelang naylaKombinasikan rumbai dengan liontin sparkle yang sudah jadi dan sejajar dengan kaitan telinga.

Langkah 8: Done!

cara membuat anting rumbaiAnting rumbai sudah bisa kamu gunakan!

Untuk detailnya, kamu bisa melihat di video ini ya ladies!


BERIKAN KOMENTAR