Inilah 5 Tips Paling Ampuh Cara Mengatasi Rasa Gugup Berbicara Di Depan Umum

Apakah kamu sempat merasa tidak nyaman saat interview kerja, presentasi, kencan pertama, atau hal-hal yang membuat kamu stres? Kalau iya, itu berarti tandanya kamu yaitu orang yang mudah gugup. Sekali kamu gugup, maka akan selamanya gugup. FYI, gugup juga akan merusak peluang besarmu lho.

Kalau kamu gugup, orang-orang pun akan malas untuk berteman dengan kamu karena mereka sudah menilai darimu dari sikap kamu yang mudah gugup. Tapi tenang saja. Semuanya bisa kamu atasi dengan keinginan dan komitmen. Berikut 5 cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak.

1. Memulai Suatu Hal dengan Menarik Napas

cara mengatasi suara gemetarHal tersebut bukanlah hal asing bahkan sudah jadi rutinitas disaat kita ingin presentasi atau menunjuk kebolehan. Sugesti diri kamu kalau kamu bisa! Tarik napas dalam-dalam dan konsentrasi. Dengan cara begini, kamu juga akan merasakan nyamannya jadi diri sendiri tanpa dihantui oleh rasa khawatir dan cemas.

2. Percaya Diri

cara supaya bisa percaya diriKalau kamu merasa gugup, kamu bisa juga memaksa diri sendiri untuk berdiri tegak untuk menghilangkan rasa gugup yang berlebihan. Karena dengan memaksakan diri berdiri tegak, bisa memperlihatkan kalau kamu siap dan berani untuk menghadapi tanggung jawab yang wajib dipenuhi.

3. Berhenti Membandingkan Dirimu dengan Oranglain

cara berbicara di depan umum dengan lancarSetiap orang berada pada jalur yang berbeda. Kalau kamu terlalu sering membandingkan, kamu makin tidak menyukai bahkan tidak percaya diri dengan kepribadian dan kemampuan yang dimilki.

Pertama, batasi diri bermain sosial media karena jaman sekarang ini, sosial media jadi ajang untuk pamer segala suatu hal yang bikin kamu selalu membanding-bandingkan. Kedua, ingatlah kalau setiap kehidupan itu mengalami pasang surut. Hanya karena kehidupan orang lain berjalan sempurna bukan berarti mereka tidak terlepas dari pergumulan.

4. Berlatih Berbicara

teknik berbicara di depan umumKebanyakan orang yang gugup dinilai dari bagaimana caranya mereka bicara. Tapi, kalau kamu orang yang pendiam, kamu pastinya akan kesulitan untuk bicara. JSYK, kunci menghilangkan rasa gugup saat berbicara kalau kamu pintar bicara, kamu pastinya akan membuat cerita lucu atau lelucon bahkan dengan mudah mendapat teman baru. Ada berbagai cara sebenarnya untuk bisa berlatih bicara. Hal yang paling sederhana yaitu dengan membuka pembicaraan duluan.

5. Jangan Pergi Sendiri

cara menghilangkan rasa gemetar pada tubuhCara menghilangkan rasa grogi di depan orang banyak dengan membiasakan pergi ke pesta pernikahan atau seminar dengan membawa teman. Saat pergi ke acara penting jangan lupa bawa teman untuk mengurangi rasa gugup karena disaat itulah kamu berani hadapi situasi sosial. Kalau kamu mebawa teman dalam setiap acara, dijamin akan mendorong kamu untuk keluar diari zona nyaman.


BERIKAN KOMENTAR