5 Hal yang Harus Kamu Ketahui untuk Menghemat Uang Belanja

cara hemat dalam membelanjakan uangUntuk sebagian wanita, “lapar mata” saat berbelanja jadi sebuah kebiasaan buruk yang sulit untuk di hilangkan. Saat berjalan-jalan ke tempat berbelanja atau mall, yang niatnya cuma untuk lihat-lihat saja bisa berakhir memborong banyak belanjaan karena tidak hemat dalam membelanjakan uang dan susah mengontrol diri. Kalau sudah begini, pengeluaran bisa membengkak tanpa kita sadari.

Penting sekali untuk hemat dalam membelanjakan uang. Dalam artian bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan baik sekaligus bisa memenuhi semua keperluan. Nah, berikut ini ada lima tips smart shopping yang bisa kamu ikuti agar berbelanja bisa lebih terkontrol.

1. Buat Wish List

Keberadaan wish list bisa merubah cara kita dalam mengatur prosedur cara hemat dalam membelanjakan uang. Buat daftar barang-barang apa yang ingin dibeli dan diperlukan. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus pada hal-hal yang memang mempunyai nilai besar untuk kita. Jadi bisa membantu diri agar lebih terkontrol dalam prosedur cara hemat membelanjakan uang jajan.

2. Upayakan Selalu Bayar Kas Tunai

Setiap kali berbelanja baiknya selalu bayar kas tunai. Kalau pun memakai kartu kredit, pastikan selalu bisa membayar lunas saat jatuh tempo tagihan. Jangan sampai menunggak, ya. Tujuannya untuk menghemat uang jajan.

3. Mempunyai Shopping Account

Langkah menghemat uang jajan tersebut mungkin belum banyak yang melakukan, yaitu buat satu rekening terpisah dari rekening operasional bulanan. Jadi akan ada saldo khusus yang dialokasikan setiap bulannya untuk berbelanja. Hingga tidak tercampur dengan uang lainnya.

4. Punya Shopping Buddy

Punya teman berbelanja (shopping buddy) penting juga, lho. Teman berbelanja ini nanti bisa berperan untuk selalu mengingatkan kita untuk patuh pada biaya berbelanja. Juga yang akan jadi pengingat apabila kebiasaan berbelanja kita mulai tidak sehat.

5. Aplikasikan 10 Seconds Rule

Nah, ini nih yang sering terlupakan. Agar berbelanja tidak melulu karena kalap atau lapar mata, selalu berikan jeda 10 detik sebelum mengambil keputusan untuk membeli suatu barang. Dalam waktu 10 detik itu, tanyakanlah lagi pada diri sendiri apakah barang itu memang diperlukan atau hanya karena ingin memilikinya saja.

Nah, sekarang sudah tahu kan beberapa langkah-langkah cara menghemat dalam membelanjakan uang jajan? Yuk, mulai kita aplikasikan dari sekarang agar menghemat pengeluaran harian dan tidak terus menerus ” lapar mata “. Semoga tips prosedur cara hemat dalam membelanjakan uang jajan bermanfaat, ya.


BERIKAN KOMENTAR