Bagaimanakah Cara yang Tepat untuk Berteman dengan Si Bos?

cara menjalin komunikasi dengan atasanSaat bekerja, pasti kamu ingin menjalin hubungan baik dengan siapapun, termasuk atasan. Kedekatan seperti ini memang bisa membawa keuntungan. Salah satunya, kamu bisa bekerja lebih nyaman tanpa merasa terintimidasi oleh bos di kantor.

Tapi walaupun akrab sama atasan, bukanlah berarti kamu bebas melakukan apa saja, Freeners. Ada batasan-batasan yang harus kamu kerjakan untuk menjaga profesionalitas dan pertemanan dengan bos kamu. Berikut ini cara menjalin komunikasi dengan atasan yang harus kamu perhatikan :

Jangan Bergosip Tentang Teman Kerja Lain

Layaknya teman akrab, kamu bisa berbicara apa saja dengan atasan. Tapi hindari bergosip mengenai teman kerja lain ya sebagai tata krama berbicara dengan atasan. Contoh bos kamu memancing perbincangan mengenai orang lain di kantor, cobalah alihkan percakapan kalian. Jangan sampai kamu jadi public enemy di kantor karena membeberkan semua cerita mengenai teman kerja.

Bersikap Sewajarnya

Walaupun berteman dekat, tetap ada etika karyawan kepada atasan. Bukanlah berarti juga kamu mempunyai ‘jalur cepat’ untuk memperoleh jabatan yang lebih tinggi. So, tetaplah bersikap sewajarnya saja ya, Freeners. Sikap yang humble dan rendah hati malah bisa membuat atasan dan teman kerja lain respect sama kamu.

Berpikir Sebelum Posting di Sosial Media

Mungkin pertemanan kamu dengan atasan bukanlah hanya didunia nyata tapi juga didunia maya. Karenanya, sebaiknya kamu tidak sembarangan memposting setiap aktivitas yang kamu kerjakan. Misalnya, kamu Instalive waktu karaoke semalaman di hari Minggu malam. Terus di hari Senin, kamu terlihat tidak konsentrasi dan ngantuk pas rapat sama atasan. Wah, bisa jadi bos kamu tahu mengapa performa kamu kurang bagus di hari itu.

Jangan Mengeluh Soal Kerjaan

Berteman dengan atasan bisa jadi pertanda kalau kamu suka dengan pekerjaan yang kamu jalani. Jadi, apa yang perlu dikeluhkan? Sebaliknya, hal ini malah harus kamu syukuri, Freeners. Kalaupun ada suatu hal yang harus dibicarakan berkaitan pekerjaan kantor, baiknya kamu mengemukakannya saat di kantor. Sementara di waktu santai, seperti saat ngopi bareng sepulang kerja, bahaslah hal-hal lain diluar masalah kerjaan.

Jadi, untuk kamu yang ingin berteman baik dan berkomunikasi dengan atasan, berusahalah menyesuaikan diri sebaik mungkin. Begitu kamu dapat profesional di lingkungan kerja, mengambil hati bos, sekaligus jadi partner yang mengasyikkan untuk bos kamu.

Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini..


BERIKAN KOMENTAR