Ingin Menikah Mewah dengan Biaya Murah ? Ikuti 10 Tips Berikut Ini!

Memang tak ada peraturan tertulis untuk menggelar pesta pernikahan. Tetapi, telah jadi budayanya untuk merayakan pernikahan dalam suatu pesta.

Setiap calon pengantin juga miliki deskripsi pesta pernikahannya masing-masing. Ada yang cukup hanya pesta sederhana didampingin keluarga dan kerabat. Banyak juga yang inginkan pesta besar seperti seorang raja.

Apa pun pilihan Kamu, satu hal yang pasti yaitu butuh dana yg tidak sedikit dalam membuat resepsi pernikahan sesuai yang diimpikan.

Biaya Pernikahan Efisien dalam Dana Maksimal

Budget, akan jadi satu diantara masalah yang Kamu dan pasangan hadapi. Meskipun sudah menabung dari jauh hari, tetap saja problem biaya pernikahan tidak berhenti bikin pusing.

Mau menikah mewah biaya murah ? Supaya tidak terlalu terbebani, kelola dana pernikahan Kamu seminimal mungkin dengan sepuluh cara ini :

1. Mencari Tempat Resepsi yang Terjangkau

Saat dana Kamu terbatas, tidak usah dipaksakan kemampuan untuk mengadakan pernikahan di gedung mewah atau hotel. Sebab, kedua tempat itu akan menghabiskan budget Kamu sampai beberapa puluh juta.

Minimalisir biaya sewa tempat dengan mencari pilihan venue yang lebih terjangkau seperti aula kampung, sekolah, atau rumah pribadi. Kamu juga bisa menggelar resepsi di restoran. Biasanya charge yang dipakai sudah termasuk juga makanan, hingga tidak perlu dobel keluarkan dana untuk konsumsi.

2. Dekorasi yang Sederhana Tapi Unik

Di manapun tempat menikah Kamu kelak, dekorasi yang cantik dapat tingkatkan kadar keindahan dan kemewahannya.

Pelaminan yang mewah memang berkesan bagus diliat, tapi pelaminan yang unik lebih menarik dan terkesan. Kamu dapat sesuaikan keperluan pelaminan dengan topik pernikahan.

Umpamanya, untuk tema vintage, Kamu cukup menyertakan satu buah sofa panjang dan empat buah kursi dengan latar belakang beberapa frame tanpa ada photo yang tergantung di belakangnya. Dekorasi yang murah dapat juga tampak mewah dengan sentuhan kreatifitas Kamu.

3. Vendor Pernikahan Paling Murah

Untuk dekorasi pernikahan biasanya menghabiskan biaya Rp15 juta sampai beberapa puluh juta. Jadi, yang perlu Kamu kerjakan yaitu temukan vendor dengan harga paket dekor terjangkau tapi dapat memberi banyak fasilitas.

Mencari sebagian pilihan vendor pernikahan untuk kemudian Kamu bandingkan harga nya. Ini mempunyai tujuan supaya dana yang keluar tidak makin membengkak.

Perbandingan harga harus juga memperhitungkan biaya yang lain seperti gedung, undangan, katering, souvenir, pakaian pengantin, rias pengantin, dokumentasi, mahar, dan hantaran.

Sesudah memperbandingkan harga, Kamu dapat lebih tahu keperluan mana yang dapat diminimalisasi.

4. Wedding Organizer Pribadi

Mempersiapkan acara pesta pernikahan memang mengambil alih banyak waktu hingga banyak pasangan yang tidak ingin ribet dan menyerahkannya pada wedding organizer. Dari pada keluarkan dana lebih untuk menyewa wedding organizer, lebih baik Kamu membentuk panitia acara sendiri.

Minta bantuan dari keluarga dan sahabat untuk jadi kaki tangan Kamu dalam mengurusi perintilan pernikahan. Keterlibatan mereka akan buat tali persaudaraan dan pertemanan jadi lebih erat.

5. Undangan Pernikahan Online

Ada dua bentuk undangan pernikahan, yaitu undangan berbentuk fisik dan undangan online. Kamu dapat mempesan keduanya.

Pesan undangan fisik dalam jumlah terbatas karna undangan fisik baiknya cuma diberi pada orang yang usianya lebih tua jadi rasa hormat. Sementara undangan untuk rekan atau rekan kerja dapat memakai undangan online yang harga nya jauh lebih murah dari undangan fisik

6. Mahar dan Hantaran Penuh Makna

Mahar dan hantaran seringkali terlupakan dalam daftar biaya pernikahan. Baiknya mahar berbentuk emas, uang tunai, atau logam mulia dalam jumlah tertentu.

Tidak butuh dalam jumlah nominal yang besar, tapi buat dengan nominal yang unik. Umpamanya saja jika tanggal pernikahan Kamu 20 Agustus 2017, jadi mahar Kamu dapat dengan uang beberapa Rp200. 817. Sementara untuk hantaran, tidak perlu sangat banyak karna sesungguhnya cuma bersifat simbolis saja.

7. Sewa Katering Dari Keluarga

Sekitaran 60-70% biaya pernikahan tentu habis untuk konsumsi. Kamu pasti menginginkan menghormati beberapa tamu undangan dengan hidangan menu minuman dan makanan lezat dalam macam varian rasa.

Karenanya, Kamu butuh menambah biaya katering yang semakin besar. Dalam menghemat budget, baiknya Kamu menyewa beberapa orang yang ahli memasak dari kerabat atau sahabat.

Memasak sendiri dapat memotong biaya makanan, sedangkan untuk gubukan, Kamu dapat pesan dari pedagang kaki lima yang berada di sekitaran tempat tinggal. Terkecuali bisa menghemat, Kamu juga memberi rejeki pada orang banyak.

8. Mencari Souvenir Langsung di Tempat Kerajinan

Menginginkan souvenir pernikahan yang unik, tapi biaya terbatas? Kamu dapat datang segera ke tempat kerajinan souvenir untuk memperoleh harga dari pengrajin langsung.

Cari souvenir di pengrajin daerah seperti Yogyakarta yang mempunyai beberapa pilihan etnik yang unik. Jika tidak pernah datang langsung, Kamu dapat mencarinya dengan online lewat instagram atau media online yang lain.

9. Gunakan Relasi untuk Dokumentasi dan Tata Rias

Jika Kamu mempunyai rekan yang berprofesi jadi photografi, minta bantuannya untuk mendokumentasikan pernikahan Kamu. Begitu halnya tata rias, cari kerabat atau sahabat yang pintar make up. Harga yang di tawarkan tentunya akan berlainan dengan harga biasanya.

10. Pakai Kartu Credit untuk Dapat Diskon

Dalam mengakali biaya pernikahan, baiknya Kamu mengoptimalkan pemakaian kartu credit untuk beberapa keperluan kecil. Umpamanya, menjahit atau menyewa pakaian pengantin, beli kain seragam bridesmaid, beli mahar, hantaran, dan cicin kawin, sampai rencana jalan-jalan bulan madu.

Kebutuhan pernikahan biaya kecil ini nanti dapat Kamu cicil pelunasannya setelah menikah. Diluar itu, Kamu dapat memakai fitur cashback dari kartu credit supaya rencana pernikahan lebih hemat. Seperti fitur cashback pada kartu credit HSBC Visa Platinum Cash Back yang akan memberi Kamu cashback sampai 25% dari semuanya transaksi yang Kamu lakukan.

Biaya Masih tetap Kurang, Tapi Hari Pernikahan Telah Dekat?
Jika dana pernikahan yang Kamu punyai masih tetap kurang, ada satu jalan keluar yang dapat Kamu peroleh dengan gampang yaitu dengan memajukan pinjaman KTA yang tidak terlalu membebani.

Satu diantara product layanan KTA yang umum dipakai untuk dana tambahan pernikahan yaitu Standar Chartered Bank KTA dengan bunga angsuran tetap sampai lima tahun. Jumlah pinjaman yang dapat Kamu ajukan dari mulai Rp5 juta sampai Rp200 juta.

Berapapun biaya yang Kamu miliki sekarang ini, upayakan untuk menyisihkan dana cadangan supaya nanti jika ada kepentingan khusus, Kamu tidaklah perlu cemas masalah dana lagi. Mudah-mudahan dengan info diatas, Kamu dapat wujudkan pernikahan yang diimpikan dengan biaya terbatas.

Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini..


BERIKAN KOMENTAR