Tips Menambah Pendapatan Bagi Kamu yang Suka Menulis

penghasilan penulis novelKamu seorang penulis dan memiliki banyak klien dan tawaran pekerjaan, tapi kamu tidak melihat adanya peningkatan pendapatan. Bukankah seorang penulis profesional akan memperoleh pendapatan yang lebih besar? Mungkin kamu melupakan beberapa langkah yang seharusnya bisa meningkatkan pendapatan sebagai seorang penulis. Berikut adalah 5 langkah yang bisa dilakukan agar penghasilan penulis novel bertambah.

Update Profile Linkedin Kamu

Yup, Linkedln. Hal tersebut akan sangat berguna untuk pendapatan penulis novel pemula, orang akan lihat siapa kamu sebenarnya dan seberapa profesionalnya dirimu melalui Linkedln. Sertakan sebuah ringkasan siapa dirimu, tambahkan setiap pekerjaan, sekolah, dan sertifikat yang kamu punyai, referensi yang didapatkan, dan kemampuanmu.

Upsell Klien Terbaru Kamu

Klien kamu saat ini bukan hanya tambang emas, mereka memerlukan lebih banyak jasa dan layananmu kalau mereka ingin meningkatkan lebih banyak uang mereka sendiri. Janganlah takut merekomendasikan atau menawarkan layanan tambahan, seperti contoh biarkan mereka tahu kalau kamu bukan hanya bisa menulis tetapi bisa juga mendesain.

Naikkan Hargamu

Menaikkan harga kamu adalah cara fantastis untuk memastikan kamu memperoleh bayaran penulis novel baru lebih banyak. Bukan hanya “harga” tapi juga ketrampilan kamu juga harus ditingkatkan.

Batasi Layananmu

Ini hal yang serius, Freeners. Pastinya kamu tidak mau dibayar dengan honor penulis novel pemula tapi yang kamu lakukan adalah menulis, copywriting, copyediting, menerjemahkan dan lainnya. Mungkin baiknya kamu tidak menggabungkan layanan menulis kamu dengan layanan proof reading, copyediting, penerjemahan atau social media photo curation kamu.

Promosikan yang Kamu Lakukan

Kalau orang tahu apa yang bisa kamu kerjakan secara detail, maka kamu jauh lebih mungkin untuk berada di puncak pikiran mereka, dan kemungkinan lagi untuk lebih banyak menghasilkan uang sebagai royalti penulis novel pemula.


BERIKAN KOMENTAR