Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Anti Ditolak HRD

tata cara mengirim lamaran kerja via emailDi Jaman yang sudah modern, mengirim surat lamaran lewat email jadi hal yang biasa. Beberapa perusahaan meminta mengirim berkas lamaran melalui email. Selain lebih praktis, tata cara mengirim lamaran kerja via email ini biasanya mempermudah HRD untuk menyeleksi calon pegawainya. Sayangnya masih banyak yang salah kaprah dalam menulis surat lamaran yang di kirim melalui email.

Nah, berikut ini yaitu beberapa tata cara mengirim lamaran kerja via email. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pakai Alamat Email yang Profesional

Saat mengirim lamaran pekerjaan selalu pakai email yang profesional. Email profesional ini sering dipakai untuk mendaftar akun sosial dan bisa kamu akses dengan mudah. Upayakan membuat email dengan nama kamu yang sebenarnya untuk membantu menyakinkan HRD.

Pakai Subject yang Benar

Saat menuliskan email untuk lamaran pekerjaan jangan lupa untuk menuliskan subject pada email. Pakai subject isi body email lamaran pekerjaan yang jelas dan ringkas. Di informasi lowongan pekerjaan biasanya menyertakan kode jabatan yang diperlukan. Upayakan untuk menulis sesuai dengan yang diminta pada informasi lowongan pekerjaan.

Jangan Lupa untuk Menulis Cover Letter di Body Email

Untuk mengirimkan surat lamaran melalui email yang baik dan benar, upayakan untuk menulis cover letter di body email. Jangan biarkan body email kosong tanpa pengantar apa pun. Cover letter ini berfungsi sebagai jalan HRD untuk tertarik membuka CV yang kamu kirim.

Di cover letter upayakan berikan alasan kenapa kamu layak di-hire oleh HRD. Sst, setiap perusahaan dengan skala kecil pun sekali memperoleh email lamaran pekerjaan 10-20 email. Pasti kamu bisa membayangkan berapa email yang didapat perusahaan dengan skala besar? Jadi lakukan untuk menulis cover letter sebaik mungkin.

Sediakan Berkas Lamaran dengan Data yang Tidak Besar

Hindari mengirim berkas lamaran dengan data yang besar. Besar data kurang dari 10Mb akan membuat surat lamaran kamu lebih dilirik. Sediakan portofolio sebaik mungkin. Sediakan data dengan format PDF agar dapat di buka di berbagai perangkat.

Dalam dunia kerja ada 3 hal yang penting kamu ketahui yaitu karya, perilaku dan tepat waktu. Saat kamu mencantumkan portofilio dalam surat lamaran, karyamu bisa dilihat dengan jelas. Tepat waktu akan di ketahui saat kamu bekerja. Dan yang terakhir ialah perilaku, dilihat dari bagaimana kamu mengirim surat lamaran.

Jadi masih yakin mengirim surat lamaran sesuka hati? Semoga informasi ini berguna ya. Tetaplah semangat.

Bagaimana tanggapan kamu tentang artikel ini..


BERIKAN KOMENTAR