Gaji Selalu Habis Tak Bersisa, Kenali 3 Penyebabnya Agar Kamu Tak Merana di Hari Tua

penyebab gaji cepat habisSaat sudah mempunyai pekerjaan tetap atau berkarier, mengatur keuangan harus dilakukan dengan sangat teliti. Apalagi kalau ada banyak cicilan dan tagihan yang perlu dipenuhi setiap bulannya, setiap pengeluaran dan pemasukan harus di perhatikan. Tapi apa ya penyebab gaji cepat habis setiap awal bulan?

Kebiasaan boros memang jadi penyebab utama pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Dan biasanya hal tersebut di pengaruhi oleh tiga aspek ini. Coba simak informasi lengkapnya disini agar ke depannya bisa lebih mudah mengatur masalah keuangan.

1. Gaya Hidup Berlebihan

Tidak masalah sih kalau kamu mau terlihat mewah kalau memang punya penghasilan dan kemampuan yang mumpuni. Tapi kalau gaji pas-pasan dan banyak tagihan menunggu, mending kamu menyesuaikan diri. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang karena kamu lebih menuruti keinginan kamu dari pada kebutuhan setiap kali berbelanja. Dahulukan kebutuhan atau prioritas yang lebih penting untuk dipenuhi setiap bulannya.

Sesuaikan pola hidup dengan pendapatan atau gaji yang kamu miliki. Janganlah terlalu memaksakan diri agar hidup terlihat lebih wah kalau kemampuanmu terbatas.

2. Tidak Menabung di Awal Bulan

Menabung baiknya dilakukan diawal bulan. Jadi saat baru menerima gaji, langsung sisihkan sebagian untuk diinvestasikan atau ditabung. Jangan menabung dengan ” uang sisa “. Terkadang untuk disiplin menabung, kita memang harus memaksakan diri untuk disiplin setiap awal bulannya. Hingga nanti pengeluaran selanjutnya bisa ditekan sedemikian rupa. Karena terkadang kalau sudah pegang uang, rasanya tidak sabar untuk bisa segera membelanjakannya, ya kan? Jadi kalau dari awal sudah ada sebagian uang yang dialokasikan untuk investasi atau tabungan, kita jadi lebih mudah mengatur pengeluaran yang selanjutnya.

3. Tidak Bisa Menahan Diri dari Godaan Diskon

Kalau yang satu ini sih “penyakit” banget, ya. Kalau sudah ada potongan harga, sulit rasanya untuk menahan diri. Terlebih kalau barang yang didiskon itu yaitu barang yang sudah lama jadi incaran kita, jadinya tidak akan pikir panjang untuk langsung menikmati diskon itu. Padahal tidak semua barang diskon itu masuk dalam hitungan murah.

Kalau kamu termasuk tipe orang yang susah menahan godaan diskon, lebih baik jangan sering-sering mengecek informasi diskon. Karena berawal dari iseng malah berakhir tekor. Baiknya kita selalu buat catatan pemasukan dan pengeluaran secara teratur setiap bulannya. Jangan lupa soal cicilan dan tagihan yang harus dipenuhi.

Yuk, lebih bijak dalam mengelola keuangan dan penghasilan. Semoga infonya bermanfaat, Freeners.


BERIKAN KOMENTAR