Tips Ini Bisa Kamu Terapkan Bagi Kamu yang Ingin Menjadi Youtuber Sukses

Dijaman sekarang memang banyak orang yang awalnya tidak tenar, lalu jadi tenar dan eksis didunia maya setelah mereka jadi Youtuber sukses. Entah karna karya mereka yang unik, bermanfaat atau hanya karna viral semata. Indonesian free ingin berbagi tips yang bisa kamu coba cara menjadi youtuber pemula yang terkenal dan eksis. Mau tahu freeners? Check this out!

Tentukan Jenis Konten Video yang Sekreatif Mungkin

Ada beberapa jenis konten video di youtube yang dapat mengundang banyak viewer atau penonton. Tiga jenis konten video mengundang banyak viewer diantaranya yaitu video unik dan aneh, video musik, dan video tutorial. Jenis-jenis video lainnya antara lain, video olah raga, video berita, video tentang gamer, video tentang minecraft, video tentang objek wisata dan perjalanan wisata, video lucu, video film pendek, dan masih banyak lagi.

Banyak di kalangan anak remaja tertarik dengan video tutorial. Video tutorial misalnya video cara mengedit video, cara membuat slime, cara memebuat cilok, cara menggunakan photoshop, belajar memainkan alat musik, cara buat situs (blog), cara menggunakan make-up, dan ada banyak lagi video tutorial tentang yang lainnya.

Gunakan Beberapa Media Sosial Untuk Mempromosikan Channel Youtube Kamu

Untuk dapat menjangkau banyak viewer atau subscriber channel youtube, kamu perlu memperkenalkan video-video yang sudah kamu buat kepada orang-orang melalui media sosial. Semakin banyak media sosial yang kamu gunakan untuk mempromosikan video kamu, semakin banyak orang-orang yang mengetahui video kamu.

Kamu bisa membuat video cuplikan teaser yang menarik dipost di instagram, untuk membuat teman-teman kamu penasaran, dan membuka channel youtube kamu untuk membuka versi full video nya. Mudahkan freeners?

Posting video secara konsisten dan terjadwal

Dengan adanya postingan video kamu yang terjadwal, penonton video kamu akan merasa penasaran dengan postingan kamu yang berikutnya. Mereka akan dengan setia menunggu video-video kamu. Umumnya seorang youtuber membuat video sekali dalam seminggu. Penentuan jadwal memposting ini biasanya tergantung pada banyaknya waktu kamu dalam mengedit video. Penentuan jadwal memposting ini tentunya juga bermanfaat bagi kamu sang youtuber, kamu secara sadar menjadi orang yang disiplin dan bertanggung jawab.

Pancing Keterlibatan Viewer dan Subscriber

Kebanyakan dari kita merasa senang apabila diperhatikan oleh sesama. Nah hubungan sosial ini juga berlaku antara youtuber dengan viewer dan subscriber nya loh. Sebagai seorang youtuber, kamu perlu memperhatikan viewer subscriber yang kamu punya. Memperhatikan disini contohnya, kamu membaca comment-comment mereka. Atau kalau ada waktu kamu bisa memberikan love pada comment mereka atau memebalas commennya.

Comment-comment tersebut contohnya, “kak, tolong buat video tutorial make up untuk ke nikahan mantan dong”, “kak, kalo ke surabaya, tempat wisata yg bagus dimana aja?”, “kak, cover lagunya bidadari tak bersayapnya anji dong kak, bisa ngga?”, “kak, kayaknya kalo ngebuat video make up pake iphone mendingan pake bantuan ring light deh, biar agak terangan dikit kak”.

Jangan Membeli Fake vVewers dan Subscribers

Kalau kamu membeli fake viewers dan subscribers, channel youtube kamu akan sulit untuk berkembang. Karena fake viewers dan subscribers tidak mau repot-repot mengeshare video kamu di sosial media mereka, mereka tidak akan memberikan comment-comment yang bermanfaat, intinya sebenarnya tidak ada interaksi yang berlangsung antara kamu dan mereka. Percuma banget kan freeners!

Perhatikan Lighting yang Bagus

Video yang menarik perhatian orang-orang adalah video yang kualitasnya bagus. Video nya dapat dengan jelas dilihat. Pada umumnya video yang buram, viewernya sangat sedikit atau malah mendapatkan comment-comment yang kurang mengenakan. Orang akan merasa malas untuk menonton video yang kualitas gambarnya buruk. Tidak perlu sampai menggunakan kamera mahal, kamera smartphone jaman sekarang sudah banyak yang memiliki resolusi yang sangat baik, mungkin kamu bisa memberikan tambahan lighting untuk menunjang videomu.

Atur Profil Lengkap Channel Youtube

Hal sederhana seperti memasang foto profil di channel youtube yang kamu punya dapat membuat orang lebih percaya dengan konten video yang kamu buat. Hal-hal lain misalnya menaruh kontak media sosial kamu termasuk email, dapat memudahkan viewer dan subscriber untik berinteraksi dengan kamu. Kalau video kamu bisa mendapatkan viewer (bukan fake) yang banyak, atau kamu berhasil membuat suatu video yang booming, biasanya suatu perusahaan atau stasiun televisi yang menghubungi kamu, entah untuk memasang iklan, atau bahkan mengundang kamu untuk diwawancarai. Ada beneit yang bisa kamu ambil juga loh freeners!

Untuk menjadi youtuber yang sukses dan terkenal, memang perlu waktu. Banyak youtuber yang baru menjadi terkenal setelah 5-7 tahun secara konsisten memposting video. Dengan berjalannya waktu, kamu dapat berlatih untuk mengedit video, berlatih berbicara supaya menarik perhatian orang, berlatih menggunakan make up (video tutorial), dan kamu akan semakin paham apa yang diharapkan dari “fans” kamu. Intinya semua memang butuh waktu dan perjuangan ya freeners!


BERIKAN KOMENTAR