Tips Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

cara mengatasi wajah kusam dan hitam

Kalau di tanya siapa sih yang tidak mau punya kulit putih dan cerah secara alami? Baik wanita atau pria pasti ingin memiliki kulit putih dan cerah. Tapi sayangnya, tidak semua orang asli Indonesia memiliki kulit cerah. Orang Indonesia identik dengan kulit yang kering, kusam, sawo matang bahkan keriput.

Kulit kusam dapat di sebabkan karena regenerasi sel baru mengalami gangguan. Masalah ini biasanya tidak hanya menyerang mereka yang sudah memasuki di usia senja, tapi kamu yang masih usia dewasa pun bisa mengalaminya. Sebelum kita mengulas bagaimana membuat wajah yang kusam menjadi cerah alami, kita akan membahas sedikit tentang penyeban kulit menjadi kusam. Berikut adalah ulasannya.

Penyebab Kulit Kusam dan Tak Cerah

1. Faktor genetik (keturunan)

Faktor genetik atau keturunan memang sangat berpengaruh pada kulit seseorang. Jika Bapak atau Ibu kamu memiliki kulit berminyak dan kusam, kemungkinan besar kamu juga akan memiliki tipe kulit tersebut.

2. Pola Hidup

Menerapkan pola hidup yang baik tentu sangat berdampak pada kesehatan tubuh, begitupun dengan pola hidup yang tidak sehat. Jarang membersihkan kulit, perawatan wajah, jarang olahraga adalah salah satu contoh pola hidup yang tidak sehat. Ini adalah salah satu sebab kulit menjadi sangat kusam.

3. Pola Makan

Kulit wajah yang kusam dan tak terawat bisa disebabkan karena pola makan yang tidak di jaga. Sekarang ini banyak sekali makanan instan alisan junkfood. Padahal makanan ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak makan makanan yang berminyak, berlemak, bersantan dan sejenisnya dapat memicu kulit wajah menjadi kusam, berminyak dan berjerawat.

4. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan adalah salah satu dampak yang dapat membuat kulit wajah kita cepat rusak jika tidak di jaga. Karena lingkungan yang penuh dengan debu dan polusi sangat berdampak buruk pada kulit kita.

5. Stres dan Kurang Tidur

Sters tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan tubuh, tapi juga bisa memperburuk kesehatan kulit. Stres dapat memicu hormon pada tubuh tidak stabil, dan bisa menyebabkan minyak berlebih, kulit wajah kusam dan berjerawat.

6. Kurangnya Konsumsi Air Putih

Jika kekurangan cairan dari dalam tubuh itu akan berdampak buruk pada kulit kamu, kulit akan menjadi kering dan kusam. Karena para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8-10 gelas sehari.

Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Masker buah dan sayur bisa di gunakan sebagai alternatif untuk merawat wajah agar tidak kusam dan putih secara alami. Berikut beberapa buah-buahan dan sayuran yang bisa membantu untuk mencerahkan wajah.

1. Tomat

Tomat adalah buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat membantu menyerahkan kulit wajah. Caranya cukup mudah, gunakan masker tomat di malam hari dan bilas menggunakan air hangat pada malam harinya. Gunakan secara rutin agar wajah kamu cerah dan mulus.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin E dan sangat berguna untuk mencerahkan kulit wajah. Gunakan masker alpukat secara rutin satu minggu sekali. buah alpukat adalah masker alami untuk wajah kusam dan berminyak.

3. Lemon

Lemon sangat baik untuk mencerajkan kulit wajah karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara maksimal. Cara mencerahkan wajah kusam dengan jeruk ipis adalah, gunakan air perasan lemon untuk di jadikan toner. Gunakan sehari dua kali pagi dan malam untuk mendapatkan hasil yang makasimal.

Merawat wajah menggunakan bahan alami memang sangat di anjurkan karena sangat aman untuk kulit wajah dan tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Bahan alami ini bisa menjadikan kulit putih alami dan terlihat awet muda.

Penggunaan secara rutin bisa membantu mengurangi masalah kulit yang kamu alami loh. semoga tips merawat wajah di atas bisa bermanfaat ya.


BERIKAN KOMENTAR