Bukan Cuma di Tabungan, Dana Darurat Juga Bisa Disimpan di…

cara menyimpan dana daruratTidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, maka menyiapkan segalanya sejak awal penting kamu lakukan. Misalnya, dengan cara menyimpan dana darurat sedini mungkin. Dana ini berguna untuk memenuhi kebutuhan mendadak dan tidak terduga. Misalnya saat kamu mendadak di PHK, sakit dan perlu biaya yang besar dan asuransi tidak bisa menanggungnya.

Besarnya dana cadangan ini pun disesuaikan dengan usia dan status kamu. Kalau kamu masih single, buat persiapan dana cadangan minimal 2 kali gaji. Kalau kamu sudah berkeluarga minimal 4 kali upah. Nah, biasanya dana cadangan ini disimpan dalam bentuk investasi. Pilih investasi yang dananya bisa dengan mudah dicairkan. Apa sajakah itu? Simak cara menyimpan dana darurat berikut ini.

Tabungan Konvensional

Simpan dana darurat di tabungan konvensional. Kenapa ini jadi pilihan utama, karena tabungan konvensional mudah dicairkan. Kamu pun bisa menemukannya dengan mudah. Hanya yang menjadi pertimbangan, pilih tabungan konvensional dengan sarana yang minim. Contoh dana darurat membantu kamu agar tidak tergoda untuk memakainya.

Diperlukan kedisiplinan agar kamu tidak tergoda untuk memakainya sebagai dana konsumsi atau hiburan.

Logam Mulia

Pilihan dana darurat selanjutnya adalah logam mulia. Soalnya, menabung dana darurat ini bisa memberi imbal hasil yang lebih tinggi dari inflasi, yaitu 10%. Kamu bisa membelinya melalui ANTAM, Bank atau penggadaian. Return untuk logam mulia ini pun lumayan tinggi dengan resiko yang rendah.

Tabungan Berjangka

Contoh kebutuhan darurat ini termasuk aman. Kamu bisa menentukan pilihan waktunya. Walau dicairkan sebelum waktunya, dendanya juga tidaklah terlalu tinggi tapi return setiap bulannya lebih tinggi di banding tabungan konvensional. Untuk mensiasati, untuk beberapa uang kamu pada beberapa rekening tabungan berjangka hingga saat kamu memerlukan pinjaman dana darurat tidak perlu mencairkan semua dana tabungan kamu.

Bagaimana menurut kamu tentang dana alokasi khusus? Kalau kamu sendiri suka memilih yang mana? Share yuk di kolom komentar Freeners.


BERIKAN KOMENTAR