TIPS KARIER : Ingin Gaji Tinggi, Begini Tips Negosiasi Gaji dengan HRD

cara negosiasi gaji dengan hrdSetelah rangkaian tes mencari kerja, akhirnya sampai pada tes wawancara. Nah, pada tes ini kamu akan di tanya mengenai besar gaji yang kamu inginkan. Banyak yang menganggap proses penawaran gaji saat interview ini tidaklah terlalu penting, walau sebenarnya menego gaji juga perlu seni. Pasti kamu ingin menerima gaji yang sesuai dengan keinginan kamu bukan?

Lalu, apakah jawaban yang tepat saat di tanya besarnya gaji yang diinginkan. Hmm, karena salah menjawab malah akan menghambat kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Simak keterangan penawaran gaji saat interview dari Indonesia Free berikut ini.

Kemukakan Besarnya Gaji yang Kamu Inginkan

Cara negosiasi gaji dengan hrd yagn pertama dengan mengungkapkan secara langsung besarnya gaji, mungkin terkesan tidak sopan. Maka cobalah dengan mengatakan ;

“Saya tidak memiliki permintaan secara khusus besarnya gaji yang saya inginkan. Tapi gaji yang biasa saya terima sekitar (sebutkan angka terendah) sampai (sebutkan angka tertinggi), mungkin hal tersebut bisa jadi bahan pertimbangan.”

Sebelumnya coba untuk mencari tahu besarnya gaji untuk pekerjaan yang akan kamu terima dari perusahaan sejenis.

Menyanggupi untuk Membuka Diskusi

Kamu bisa mengatakan kalau sanggup membuka diskusi mengenai offering gaji yang kamu inginkan. Janganlah lupa untuk menyebutkan range angka yang kamu inginkan. Hal tersebut penting agar perusahaan tahu dan bisa memprediksi besarnya gaji buat kamu.

Mengungkapkan Pengalaman Kerja Sebagai Pertimbangan

Jelaskan pengalaman bekerja kamu. Kalau kamu sedang melamar pekerjaan dengan perusahaan sejenis dan dengan posisi yang sama, maka ungkapkan keahlian dan pengalaman kamu saat bekerja. Jangan lupa untuk mencari tahu angka gaji untuk jenis pekerjaan yang sama dan perusahaan sejenis.

Menanyakan Kompensasi di Luar Gaji

Well, banyak perusahaan sering memberi gaji yang sedikit dibawah standard. Tapi jangan salah, coba untuk negosiasi gaji tinggi dan bertanya kompensasi selain gaji. Jam kerja yang fleksibel, aturan cuti dan tunjangan lain semisal kesehatan.

Cari Tahu Beban Kerja yang Diberikan

Sebelum kamu wawancara negosiasi gaji, tidak ada salahnya kalau kamu bertanya tanggung jawab dan pekerjaan kamu. Hal tersebut penting, untuk menghindari jawaban yang tidak sesuai keinginan. Dengan memahami beban kerja yang diberikan pada kamu maka kamu akan lebih mengerti jumlah gaji yang sesuai.

Bagaimana Freeners, tidak galau lagi bukan tentang cara nego gaji fresh graduate? Semoga informasi ini bermanfaat.


BERIKAN KOMENTAR