Bertahan atau Resign? Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Resign

Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. Punya pekerjaan yang bisa menjamin masa depan dan membuat kamu bahagia. Tapi, tidak semua orang bisa menemukan pekerjaan yang seperti itu hanya dalam satu waktu. Maka keputusan untuk resign pun jadi keputusan yang terbaik.

Idealnya memang sebelum memutuskan resign, sebaiknya kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang baru. Tapi, banyak hal seperti tidak betah, rasa tidak nyaman dan alasan lainnya membuat seseorang untuk memutuskan resign sebelum mendapat pekerjaan baru. Hal tersebut wajar terjadi. Tapi apakah kamu tahu apa yang sebenarnya harus dipersiapkan sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk resign?

Freeners, berikut ini yaitu 4 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk resign. Here we go!

1. Buat persiapan Dana Cadangan

Sebelum memutuskan resign karena tidak betah, pastikan kamu memiliki cadangan. Kalau tabungan cadangan kamu sudah sebesar 4 kali gaji maka kamu sudah siap untuk resign kerja mendadak. Kebutuhan hidup kamu akan terpenuhi selama kamu menunggu waktu untuk mendapat pekerjaan yang baru apabila kamu memiliki dana cadangan.

Jadi, selama menunggu pekerjaan yang baru kamu bisa membayar dan memenuhi kebutuhan hidup kamu.

2. Baca Selalu Peluang

Penghasilan dan peluang tidak selalu datang dari gaji. Maka selalu peka dengan peluang yang ada di sekitar kamu. Kalau memang diperlukan, tidak ada salahnya kamu menjual barang-barang pre-loved yang sudah tidak kamu pakai. Selain membantu mengurangi isi lemari dan kamar, kamu bisa juga mendapatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu selama resign tapi belum dapat kerja baru.

3. Lunasi Semua Tagihan Kartu Kredit

Punya kartu kredit? Kalau kamu berniat untuk resign, pastikan kamu sudah melunasi semua utang kartu kredit kamu. Hindari membayar tagihan dengan cicilan terendah. Kalau memang ada dana sebaiknya bayar semua tagihan tanpa tersisa. Hal tersebut penting, agar saat kamu sudah resign kamu tidak punya tanggungan untuk membayar tagihan kartu kredit.

Paling tidak setelah resign menjadi pengangguran, kamu tidak memiliki hutang dan akan merasa lebih tenang.

4. Perluas Jaringan

Ingin resign tapi masih ragu? Punya banyak teman? Coba hubungi mereka kembali, cari dan gali informasi siapa tahu mereka punya informasi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Jangan malas untuk bertanya. Ingat kesempatan bukan hanya datang sendiri tapi juga diciptakan. Maka ciptakan peluang yang kamu miliki.

Freeners, demikian 4 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk resign tanpa pekerjaan pengganti. Semoga informasi ini bermanfaat.


BERIKAN KOMENTAR