Kurang Fokus Dalam Bekerja, Lakukan Tips Ini Untuk Jaga Konsentrasi

tips fokus saat menyelesaikan tugas kantorMemiliki segudang pekerjaan yang perlu dikerjakan baik tugas kantor ataupun kuliah tentu membuat kamu pusing. Tapi bukannya segera mengerjakan tugas itu agar cepat selesai, kamu jadi lebih sering berkutat dengan kemalasan atau yang seringkali kita sebut mager alias malas gerak.

Bukan hanya malas gerak, kita juga sering terdistraksi dengan berbagai hal seperti sosial media, ajakan mengobrol, dan semacamnya. Akibatnya tugas yang sedang kita lakukan selalu tertunda-tunda dan entah kapan selesainya.

Untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan efisien kamu sebenarnya cukup butuh satu hal saja yaitu konsentrasi. Dan agar kamu bisa berkonsentrasi lebih baik alias fokus pada pekerjaanmu, kamu bisa coba beberapa tips fokus saat menyelesaikan tugas kantor berikut ini.

Lakukan Persiapan Selama Kurang Lebih 5 Menit

Jangan membawa “kertas kosong” saat akan mulai menyelesaikan suatu pekerjaan. Buat persiapan mengenai apa yang perlu kamu kerjakan agar tetap konsentrasi kerja, bagaimana urutannya, dan berapa lama target waktu yang kamu perlukan. Semuanya tidak mutlak harus kamu tulis di kertas, tapi harus ada di fikiranmu.

Cari Tempat yang Nyaman

Buat kamu yang sedang mengerjakan pekerjaan di rumah, ini sangat penting. Spot yang tepat akan jadi katalisator penyemangatmu untuk bekerja. Tapi kalau kamu sedang berada di kantor, tugasmu adalah membuat tempat yang nyaman ini. Misalnya kamu bisa membawa bunga segar dari rumah untuk ditempatkan di meja kantor?

Diamkan dan Tutup Ponsel

Jujur, hp adalah pengganggu utama yang mengakibatkan kamu tidak bisa fokus bekerja dengan baik bukan? Pemberitahuan dari sosial media, e-mail, dan semacamnya akan membuat kamu berhenti bekerja sejenak, lalu mengaburkan semua fokusmu. Atur hpmu dalam mode diam untuk sementara dan tahan diri dari godaan untuk membukanya.

Sediakan Waktu Khusus

Kalau kamu sudah menge-blok waktu khusus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, berarti tidak ada satupun hal yang bisa mengganggumu. Waktumu itu kini diprioritaskan untuk menyelesaikan pekerjaan itu, hanya itu saja. Misalnya pada jam 7-10 malam sudah kamu blok untuk menyelesaikan pekerjaan tambahan, maka kamu harus mematuhi aturan yang kamu bikin sendiri ini.

Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Kamu bukanlah robot, sebanyak apa pun pekerjaanmu dan sepenting apa pun itu, hidupmu jauh lebih penting. Ukur kemampuan tubuhmu, kapan kamu harus makan, minum, istirahat, dan mengehentikan aktivitas bekerjamu. Semuanya harus termonitor dengan baik.

Yuk Freeners, langsung dimulai dari langkah awal fokus kerja untuk masa depan dan jangan lagi menunda-nunda!


BERIKAN KOMENTAR