5 Trik Jitu Untuk Terus Bersaing Dalam Bisnis Yang Semakin Kompetitif

strategi agar usaha tetap eksisSalah satu tantangan terbesar bisnis yang baru dimulai yaitu mempertahankannya. Bahkan banyak yang bilang kalau sebuah bisnis hanya akan bertahan selama 3 tahun saja, terlebih untuk bisnis-bisnis berbasis kekinian yang relatif mudah tergilas tren baru. Diperlukan adanya strategi agar usaha tetap eksis.

Indonesian free coba mematahkan itu dengan memberi 5 tips yang sangat berharga untuk para pebisnis baru seperti kamu. berikut ini strategi agar usaha tetap eksis,

1. Ingat, Casflow adalah Raja

Walaupun bisnismu terbilang sudah cukup meraih keuntungan, tetaplah realistis dan sederhana untuk mempertahankan usaha dalam menghadapi persaingan. Jangan terlalu banyak menghamburkan uang. Gunakan untuk hal yang sangat penting saja. Jangan membayar dirimu sendiri terlalu banyak. Buat biaya seminimal mungkin.

2. Cari Bantuan Orang Terdekat Sejak Awal

Kamu tidak akan pernah bisa berdiri sendiri, cari bantuan dari teman, keluarga, atau kolega bisnismu. Memang tidak semua orang bisa memberi masukan yang tepat untuk bisnismu tapi apa yang orang katakan selalu bisa jadi pertimbangan dan sudut pandang baru.

3. Jadi Aktif Secara Cepat

Jangan segera berpangku tangan saat kamu merasa bisnismu sudah jadi. Teruslah lakukan penelitian pasar, pelanggan, kompetitor mempertahankan kualitas produk, eksistensi bisnis dan beberapa hal lain yang terkait dengan bisnismu. Lakukan berbagai macam tes untuk bisnismu gak tahu itu berbentuk produk, jasa, atau sistem.

4. Buatlah Rencana Jangka Panjang

Kalau kamu hanya ingin kaya secara cepat dan ingin hidup mudah maka bersiap-siaplah untuk gagal. Bisnis yaitu mengenai passion, jadi pilihlah bisnis yang kamu senangi agar tidak bosan. Memiliki ambisi dalam dosis yang tepat yaitu hal yang baik, jangan biarkan ambisimu terlalu menguasai.

5. Cari Inovasi Baru

Adaptasi yaitu kunci terakhir dari keberlanjutan sebuah bisnis. Jangan kaku, kamu harus mendengarkan apa kata pelanggan dan pasar, apa yang mereka perlukan, apa yang mereka minta. Dan aplikasikan inovasi-inovasi dari sisi yang diperlukan.

Bagaimana tips menjaga agar usaha yang ada di masyarakat dapat berjalan dengan baik diatas? Semoga bisnismu selalu bisa bertahan ya walaupun selalu muncul saingan-saingan baru!


BERIKAN KOMENTAR