Cara Membuat CCTV dari HP Rusak yang Sudah Lagi Terpakai

Jaman sekarang kamera web (webcam) bisa di gunakan dari kamera digital dan HP. Ada banyak sekali ponsel lokal yang dapat digunakan sebagai webcam, tetapi ponsel yang memiliki tingkat keberhasilan terbesar untuk digunakan sebagai webcam hanya beberapa saja.

hampir semua ponsel dilengkapi dengan fitur webcam, tapi hampir semua kualitas webcam dari ponsel ini tidak dapat digunakan untuk mengakses program messenger, seperti Yahoo Messenger (YM). Hal ini disebabkan oleh webcam yang Anda gunakan tersebut tidak mendukung kompresi warna RGB (Red-Green-Blue. Tiga warna yang di jadikan patokan warna secara universal/primary Colors).

Baca juga: 

Fasilitas internet menjadi alasan bagi pengguna dalam membeli ponsel. Di Indonesia pun menjadi pengguna ponsel terbesar ketiga di dunia setelah China dan India.

menjadikan smartphone android sebagai cctvBanyak kegunaan HP saat ini yang beberapa belum kita ketahui. Baik itu HP yg masih work atau HP yang udah rusak, Kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Cara membuat cctv dari hp rusak menjadi ide yang perlu di praktekkan.

Banyak orang yang menggunakan HP canggih hanya untuk browsing di internet atau hanya sekedar menerima pesan atau menelpon. Padahal kegunaan HP tidak hanya itu, bahkan lebih dari yang kita bayangkan.

HP kamu rusak? Kamera hp bekas jadi cctv lho..

Banyak handphone canggih rusak yang tak terpakai. Padahal kerusakannya tidak seberapa, Misalnya layar HP pecah, sambungan dengan baterai patah, atau kerusakaan yg lain. Masih sangat banyak komponen yangbisa di manfaatkan kembali didalamnya misalnya kamera, Kamera tersebut bisa di gunakan untuk membuat cctv.

Persiapan:

  • Kamera HP yg rusak
  • Kabel
  • Penghubung untuk server kamera (PKS)
  • Dan yang terpenting komputer

Action :

  • Sambungkan Kamera HP yang rusak ke PSK dengan kabel yang di perlukan
  • Sambungkan PSK dengan PC dengan kabel yang di perlukan
  • Buat dan install program yg di butuhkan
  • Pasang kamera HP di tempat yang kamu inginkan
  • Untuk HP yang masih work

Ketika kita mencoba mengkoneksikan ponsel ke komputer kemudian muncul opsi koneksi webcam. Tapi setelah terkoneksi webcam dipilih ternyata fitur tersebut tidak dapat digunakan. Sebenarnya permasalahan bukan pada driver sebab ponsel telah dikenali sebagai USB Video Device pada Control Panel.

kamera hp bekas jadi cctvUntuk mengakalinya kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mentransfer video yang sebenarnya telah distreaming ke komputer. Aplikasi tersebut adalah WebcamMax, software ini bisa Anda download di www.webcammax.com

Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Koneksikan ponsel menggunakan kabel data USB ke komputer.
  2. Saat pertama kali Anda mencolokkan pasti diminta driver. Pilih folder tempat Anda untuk menyimpan driver.
  3. Pilih opsi webcam di menu USB Config di ponsel.
  4. Instal aplikasi Webcam-Max.
  5. Buka aplikasi Webcam-Max. Pilih USB Video
  6. Buka aplikasi Messenger. Dalam contoh ini menggunakan Yahoo
  7. Masuk ke Messenger > My Webcam.
  8. Jendela My Webcam akan terbuka, itu tandanya aplikasi bekerja dengan baik.
  9. Nah seperti biasanya kamu bisa langsung mengundang rekan untuk melihat webcam.
  10. Langkah terakhir sebenarnya bisa kamu bisa abaikan sebab ini hanya membuka fitur aksesori dari aplikasi Webcam-Max saja.
  11. Webcam-Max tersedia beberapa efek antara lain Transform, Frame, Mask, Emotion dan Text.

Jangan sia-siakan fitur webcam di ponsel kamu, gunakanlah supaya bisa berfungsi dengan baik dengan aplikasi Webcam-Max.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...

WHAT DO YOU THINK