Inilah Alasan Mengapa UAC Tidak Berguna

Inilah Alasan Mengapa UAC Tidak BergunaJika kamu menggunakan Windows 7 atau pernah menggunakan Windows Vista sebelumnya, kamu tentu tahu seberapa mengganggunya ketika kamu diharuskan memilih untuk mengijinkan atau tidak setiap program yang akan kamu jalankan di komputer.

Fitur ini dikenal sebagai UAC atau User Account Control, yang akan mengeluarkan peringatan setiap kali kamu mencoba membuka sesuatu. Microsoft membuat UAC atau User Account Control  dengan tujuan untuk membuat Windows lebih aman untuk pengguna dan juga para teknisi.

1. Orang selalu memilih “Yes”.

Walaupun ada ratusan peringatan dengan tulisan yang tebal muncul ketika hendak membuka sesuatu, kebanyakan pengguna akan memilih “Yes” apalagi jika peringatan tersebut muncul berulang kali. Ayolah, kamu sendiri juga pasti yakin kalau semua aplikasi yang ada di komputer kamu itu semuanya aman, apalagi anda menggunakan lebih dari satu antivirus.

Jika 99% kamu yakin bahwa semua aplikasi yang ada di komputer kamu itu aman, maka sekitar 1% dapat menjadi sesuatu yang menyebalkan ketika kamu memilih “Yes” ketika UAC memperingatkan kamu setiap waktu akan adanya sesuatu yang mungkin membahayakan komputer yang kamu gunakan.Yakin kamu mau menghabiskan waktu kamu di depan komputer dengan membaca setiap peringatan UAC yang keluar sambil mencari dimana tombol “Yes” berada ? 😀

2. Orang sangat terganggu dengan itu.

Alasan kenapa UAC tidak berguna lebih kepada pengguna yang merasa itu mengganggu. Beberapa pengguna yang mempunyai pengalaman lebih soal komputer akan memilih untuk mematikan UAC secara manual, dan mengajarkan kepada pengguna terdekat yang lain bagaimana mematikannya.

Teman-temanya yang naif dan penurut ini akan melupakan bahwa UAC ini sebenarnya ada salah satu fitur keamanan tetapi dianggap sangat mengganggu, jadi mereka akan mematikan UAC setelah mereka tahu bagaimana caranya mematikan itu. Mematikan UAC sebenarnya menempatkan pengguna ke posisi yang kurang aman apalagi ditambah tidak adanya aplikasi antivirus atau aplikasi-aplikasi keamanan lainnya yang dipasang di komputer yang mereka gunakan.

3. Tidak semua Malware masuk lewat jalan yang sama.

Jika kamu pernah mendengar pengguna yang menggunakan Windows 7 atau versi setelahnya terinfeksi virus disaat UAC dalam posisi aktif, kamu tentu tau kenyatannya. UAC tidak bisa melindungi kamu dari Malware (Worm, Spyware dan sejenisnya), karena pada kenyatannya ada banyak cara untuk sebuah aplikasi memanggil fungsi tertentu dalam pemrograman di lingkungan Windows tanpa harus melewati UAC.

Salah satu cara paling sederhana untuk Malware masuk ke Windows korban dengan melewati fitur keamanan dengan berpura-pura sebagai aplikasi yang lugu alias tidak terlihat jahat lalu memasukan “barang-barang kotornya” ke folder AppData yang tidak dilindungi oleh UAC. Masih ada banyak cara lain untuk Malware melewati UAC, tetapi disini saya tidak mau menjelaskannya untuk kebaikan bersama 😀

4. Tidak semua orang mengerti itu adalah Malware.

Malware (Worm, Spyware dan sejenisnya) tidak mempunyai wajah seperti vampire atau pocong yang terlihat jahat dan menakutkan. Kebanyakan pengguna Windows termasuk saya, terkadang melihat aplikasi-aplikasi seperti “Internet Optimizer” atau “Windows Tweaker” sebagai aplikasi yang biasa yang lugu dan tidak berniat jahat sehingga dengan ikhasnya kita memilih “Yes” ketika UAC memperingatkan kita pada saat kita membukanya.

Pada kenyatannya Windows tidak akan pernah dan tidak akan bisa dan tidak tahu bagaimana caranya mengatakan “Hei bro, saya pikir ini kayanya malware dech!”. Mengetahui aplikasi tertentu itu Malware atau bukan itu tidaklah mudah, percuma saja pengguna mengaktifkan UAC kalo pada realita di lapangan pengguna masih sering tertipu dengan “iklan” 😀

Kesimpulan

Disamping tujuan UAC yang bagus, tetapi itu seringkali menyusahkan pengguna dengan diharuskannya mereka untuk memilih untuk mengijinkan atau tidak aplikasi atau konfigurasi yang hendak mereka buka, menyebabkan pengguna merasa terganggu. Kami tidak menyarankan kamu untuk mematikan UAC, tetapi jangan pernah berfikir kalau UAC akan melindungi Windows yang kamu gunakan dari Malware (Worm, Spyware dan sejenisnya) jika kamu memilih “Yes” tanpa memikirkan konsekuensi selanjutnya.

Oleh : Dhian Hardhianto

Copyright Policy


BERIKAN KOMENTAR



loading...

WHAT DO YOU THINK