Bermain dengan Windows Command Prompt

Walaupun kamu menggunakan Windows, ada beberapa hal yang hanya bisa dilakukan lewat CMD (Command Prompt) seperti layaknya Terminal di Linux. Banyak dari tool di Windows yang mempunyai tampilan interface sehingga mudah digunakan, tetapi ada juga yang tidak menggunakan tampilan interface dan hanya bisa dijalankan melalui perintah tertentu di Command Prompt karena lebih cepat dan efisien.

Ada puluhan bahkan ratusan perintah yang bisa dijalankan melalui Command Prompt, mimin tidak dapat menulis semua daftar perintah yang ada di Command Prompt untuk kamu tetapi berikut ada beberapa perintah yang berguna untuk mempermudah pekerjaan.

Ipconfigmelihat konfigurasi IP.
Kita dapat melihat konfigurasi IP di komputer lewat Control Panel, tetapi itu sedikit memakan waktu. Perintah ipconfig di Command Prompt memudahkan kamu melihat konfigurasi IP dengan lebih cepat.
Untuk menggunakan perintah, cukup ketik ipconfig di Command Prompt seperti berikut:

Bermain_dengan_Windows_Command_Prompt

Kita bisa melihat ada banyak jenis koneksi yang ada, jika kita terhubung ke Wi-fi maka kita bisa melihat konfigurasi di bagian Wireless LAN tetapi jika kita terhubung ke jaringan melalui kabel maka kita bisa melihat konfigurasi di bagian Ethernet / Local Area Connection.

Bermain dengan Windows Command Prompt1

Tasklistmelihat service dan aplikasi yang sedang aktif.

Mungkin kita terbiasa menggunakan Task Manager untuk melihat process atau aplikasi apa sedang berjalan di komputer. Perintah tasklist di Command Prompt bisa digunakan kamu untuk melihat service apa saja atau aplikasi apa saja yang sedang berjalan di komputer yang digunakan.
Untuk menggunakan perintah, kita cukup mengetik tasklist di jendela Command Prompt seperti berikut:

Bermain_dengan_Windows_Command_Prompt2

 

 

Disini kita bisa melihat daftar-daftar service dan juga proses dari aplikasi yang sedang berjalan di komputer.

Bermain dengan Windows Command Prompt3
Taskkillmematikan service atau proses aplikasi yang sedang berjalan.

Jika tasklist digunakan untuk melihat dari proses yang sedang berjalan di komputer, perintah taskkill digunakan untuk mematikan proses yang sedang berjalan.
Untuk menggunakan perintah taskkill, kamu bisa mengetik perintah berikut:

Bermain_dengan_Windows_Command_Prompt4

Kita bisa mengganti notepad.exe dengan proses lain yang ingin kita matikan, misalnya firefox.exe, chrome.exe atau yang lain.

Bermain dengan Windows Command Prompt5
Sfc /scannowscan windows file system.
Windows menyertakan tool atau perlengkapan yang digunakan untuk mendiagnosa file system, mencari file system yang bermasalah. Jika ada file system yang hilang atau tidak sesuai, sfc atau system file checker akan memperbaikinya. Perintah ini bisa digunakan apabila ada masalah terhadap file system di Windows.
Untuk menggunakan system file checker (sfc), kamu bisa mengetik perintah berikut:

Bermain_dengan_Windows_Command_Prompt6

Gambar berikut menunjukan kalau system file checker (sfc) tidak menemukan file system yang hilang atau rusak.

Bermain dengan Windows Command Prompt7

Sementara sekian dulu dari saya, mungkin tidak banyak point yang dijelaskan namun saya berharap perintah-perintah diatas bisa berguna untuk kamu dan membuat kamu ingin menjelajahi Command Prompt lebih dalam lagi.

Oleh : Dhian Hardhianto

SHARE
Bintang Raksaguna
Tidak ada yang instan untuk mendapatkan sesuatu, membaca dan menulis adalah salah satu caranya. Bukan kertas yg di bakar, abu-nya di campur air lalu diminum :D

WHAT DO YOU THINK